Simpan Botol Air Minum Kemasan di Mobil Bisa Memicu Kanker, Benar atau Hoax?

Simpan Botol Air Minum Kemasan di Mobil Bisa Memicu Kanker, Benar atau Hoax? 01

Mungkin Anda pernah mendengar tips atau saran untuk tidak simpan botol air minum di mobil. Ini karena minuman tersebut bisa berubah jadi cairan beracun yang memicu munculnya berbagai penyakit seperti kanker.

Namun ternyata pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan informasi tersebut tidak benar. Bahkan sudah ada sejumlah penelitian ilmiah terkait botol plastik yang ada di kabin mobil dan terpapar suhu panas.

Loh kok bisa demikian?

Baca juga: 5 Trik Tidak Mabuk Perjalanan Tanpa Minum Obat, Biar Liburan Makin Menyenangkan

Simpan Botol Air Minum di Mobil Bisa Berbahaya Kalau…

Simpan Botol Air Minum Kemasan di Mobil Bisa Memicu Kanker, Benar atau Hoax? 01

Botol kemasan air mineral

Dikutip dari Klikdokter, Rabu (03/05/2023), botol plastik yang biasa dipakai untuk air minum umumnya menggunakan bahan kimia polyethylene terephthalate (PET). Selain PET, ada pula botol plastik yang mengandung bisphenol A (BPA). Biasanya plastik berbahan BPA lebih keras dibanding yang berbahan PET.

Namun, hal ini tidak lantas menjadikan air minum dalam kemasan berbahaya. Menyimpan air mineral dalam mobil dapat membahayakan apabila air di dalam botol tersebut sudah terpapar suhu sangat panas dalam waktu yang sangat lama.

Simpan Botol Air Minum Kemasan di Mobil Bisa Memicu Kanker, Benar atau Hoax? 02

Botol plastik mengandung PET dan BPA

BPOM juga menyebut dioxin atau senyawa kimia beracun dari kemasan plastik tidak bisa dengan mudah terlepas. Senyawa-senyawa ini akan terlepas jika terpapar panas di dalam mobil dengan suhu sangat tinggi dan waktu kontak yang sangat lama.

“BPOM RI melakukan pengawasan dan kajian terhadap beberapa jenis kemasan plastik, hasilnya menunjukkan bahwa tingkat paparan masyarakat Indonesia masih dalam taraf aman,” tulis BPOM melalui situs resminya.

Baca juga: 7 Peraturan Lalu Lintas Aneh di Dunia, Mulai dari Wajib Kunci Pintu dan Jendela Mobil sampai Dilarang Minum

Bahan Kimia dari Botol Air Kemasan Plastik Bisa Picu Kanker

Simpan Botol Air Minum Kemasan di Mobil Bisa Memicu Kanker, Benar atau Hoax? 03

Cairan kimia bercampur ke air dalam botol

Walau pihak BPOM sudah menyatakan aman, tetapi ada batas toleransi yang perlu Anda pahami. Yakni soal durasi penyimpanan botol plastik air kemasan di dalam mobil. Jika botol tersebut sudah tersimpan lebih dari sepekan atau bahkan berbulan-bulan, sebaiknya hindari mengkonsumsi air yang ada di botol tersebut.

Pasalnya, senyawa kimia (PET/BPA) dari botol plastik akan lepas dari dindingnya dan bercampur dengan air. Dan bila air di dalam botol sudah terpapar PET atau BPA, kedua bahan itu dapat mengaktifkan hormon estrogen dan merusak struktur DNA sel payudara. Bila terjadi terus menerus, hal ini dapat berujung pada kanker payudara.

Baca juga: Bahaya, Jangan Letakkan Botol Minum di Kabin Mobil

Tips Simpan Air Kemasan di Dalam Mobil yang Aman

Simpan Botol Air Minum Kemasan di Mobil Bisa Memicu Kanker, Benar atau Hoax? 04

Botol dengan logo BPA Free

Terlepas dari benar atau hoax soal simpan air kemasan di dalam mobil ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, air mineral adalah benda yang sebaiknya Anda bawa saat berkendara. Supaya konsentrasi ktika mengemudi tetap terjaga.

1. Pilih Kemasan Berlabel BPA Free

Paling aman adalah jadi konsumen yang cerdas. Saat hendak membeli air minum untuk dibawa ke mobil pilihlah kemasan yang memiliki label BPA free. Tentunya ini untuk menghindari risiko BPA tercampur ke air dalam botol tersebut saat terpapar panas.

2. Bawa Botol Kemasan Berbahan Stainless Steel

Agar terhindar dari bahaya simpan air minum dalam mobil, Anda juga dapat memindahkan minuman tersebut ke dalam kemasan yang bukan plastik. Ada baiknya Anda memiliki botol air pribadi berbahan stainless steel untuk menyimpan air minum Anda. Terlebih lagi jika Anda sering menyimpan air minum di dalam mobil.

@autofun.indonesia Pas ganti oli memang #lebihbaikmotul, tapi jangan sampe telat ganti filternya juga ya! #perawatanmobil #oli #mobilseken #reviewmobil ♬ [Live Recording] Flute Jazz Bossa Nova – arachang
LihatTutupKomentar