Top 5 Artikel Autofun Minggu Ini: Alasan Daihatsu Ayla Lebih Layak Dipilih hingga Toyota Avanza Yang Sudah 12 Tahun Laku Terus!

Top 5 Artikel Autofun Minggu Ini: Alasan Daihatsu Ayla Lebih Layak Dipilih hingga Toyota Avanza Yang Sudah 12 Tahun Laku Terus! 01

Generasi kedua city car Daihatsu Ayla 2023 dan Toyota Agya 2023 meluncur secara resmi di Indonesia pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang diselenggarakan medio Maret 2023 lalu. Menggunakan platform baru milik Daihatsu (DNGA), meski keduanya saling berbagi platform, namun tetap ada perbedaan pada tampilan luar dengan membawa ciri khas masing-masing pabrikan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang secara signifikan membedakan keduanya dan menjadikan konsumen terkadang bingung harus memilih yang mana. Kami telah menulis beberapa alasan yang menjadikan Daihatsu Ayla lebih layak dipilih dibandingkan Toyota Agya, dan ternyata hal ini cukup menyita perhatian pembaca Autofun Indonesia sepanjang minggu ini.

Lebih lengkapnya, berikut ini lima artikel terpopuler di Autofun selama sepekan terakhir.

Harga yang lebih murah menjadi alasan pertama kenapa Daihatsu Ayla lebih masuk akal untuk dipilih daripada Toyota Agya, karena secara umum barangnya sama saja. Selain itu, Daihatsu juga menyuguhkan varian lebih banyak pada Daihatsu Ayla untuk dipilih oleh konsumen sehingga dapat lebih disesuaikan dengan budget yang ada

Top 5 Artikel Autofun Minggu Ini: Alasan Daihatsu Ayla Lebih Layak Dipilih hingga Toyota Avanza Yang Sudah 12 Tahun Laku Terus! 01

Berbeda dengan Toyota Agya, Daihatsu juga memberikan dua pilihan mesin pada Daihatsu Ayla dengan mesin 1.0 Liter dan 1.2 Liter, dengan teknologi terkini. Dan terakhir, dengan harga yang lebih murah tadi, ternyata fitur yang ditawarkan oleh Daihatsu pada Ayla tidak kalah lengkap dibandingkan dengan Agya. Ini membuat Daihatsu Ayla layak untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli sebuah city car.

Momen mudik lebaran memang selalu ditunggu oleh masyarakat Indonesia karena ini adalah saatnya untuk berkumpul bersama seluruh keluarga di kampung halaman. Dan momen mudik lebaran kerap dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan darat karena dianggap paling efisien dan dapat menghemat biaya.

Top 5 Artikel Autofun Minggu Ini: Alasan Daihatsu Ayla Lebih Layak Dipilih hingga Toyota Avanza Yang Sudah 12 Tahun Laku Terus! 02

Namun diduga lantaran terlalu ingin berhemat, deretan mobil-mobil ini menjadi viral di media sosial. Pasalnya satu mobil diisi dengan barang bawaan hingga kelebihan muatan. Bahkan terlihat ada yang membawa satu unit sepeda motor di bagasi mobilnya, termasuk sebuah Daihatsu Terios yang viral ini.

MPV sejuta umat yakni Toyota Avanza hingga saat ini menjadi primadona sebagai mobil keluarga. Tidak hanya model terbaru, bahkan Toyota Avanza 2011 yang sudah berusia cukup tua masih banyak dijual di bursa mobil bekas. Meski sudah berusia 12 tahun pada saat ini namun masih banyak diburu oleh konsumen. Bukti dan reputasi yang baik inilah menjadi alasan kuat konsumen memilih mobil Toyota.

Top 5 Artikel Autofun Minggu Ini: Alasan Daihatsu Ayla Lebih Layak Dipilih hingga Toyota Avanza Yang Sudah 12 Tahun Laku Terus! 03

Desain yang simpel dan mudah diterima, menjadi salah satu alasan lain kenapa mobil ini begitu populer. Bahkan di dalam, desain interiornya tergolong fleksibel dan fungsional. Alasan lain mengapa Toyota Avanza 2011 masih banyak diburu konsumen adalah harganya yang terjangkau. Mobil baru saat ini harganya sudah lebih dari Rp 200 juta, sementara harga Toyota Avanza 2011 saat ini berkisar Rp 90 jutaan sampai Rp 120 jutaan. Mesin handal dan layanan purna jual Toyota yang terpercaya menjadi alasan pamungkas mobil ini tetap jadi idola.

Ternyata komponen yang diproduksi oleh pabrikan lokal ternyata sudah mengusung teknologi canggih. Salah satunya, pada ajang  Hannover Messe 2023 yang digelar di Jerman. Perusahaan otomotif asal Indonesia yaitu PT Akebono Brake Astra Indonesia turut menjadi peserta dan menampilkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk diterapkan dalam proses quality inspection pembuatan rem kendaraan bermotor roda empat. 

Top 5 Artikel Autofun Minggu Ini: Alasan Daihatsu Ayla Lebih Layak Dipilih hingga Toyota Avanza Yang Sudah 12 Tahun Laku Terus! 04

Ikutnya perusahaan lokal dalam pameran teknologi industri terbesar di dunia ini ditanggapi positif pemerintah Indonesia. Menurut Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufik Bawazier, dengan hadirnya di pameran tersebut, maka ini menunjukkan bahwa posisi Indonesia telah diakui sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dan pemain manufaktur global.

MPV mewah Lexus LM 2023 resmi diperkenalkan pada pameran Shanghai Auto Show 2023. Meski siluet tubuhnya tetap mirip, termasuk grille besar yang masih mendominasi namun kini desainnya diubah. Lampu utama termasuk LED DRL diperbaharui, lekuk bemper depan, dan posisi foglamp pun terlihat berbeda dibanding generasi sebelumnya.

Top 5 Artikel Autofun Minggu Ini: Alasan Daihatsu Ayla Lebih Layak Dipilih hingga Toyota Avanza Yang Sudah 12 Tahun Laku Terus! 05

LM terbaru juga disediakan versi tiga baris jok dengan 6-7 penumpang dan opsi dua baris jok 4 penumpang yang lebih mewah dan individual. Tipe tertinggi dibekali smoked glass panel yang digunakan sebagai partisi antara ruang penumpang belakang dan pengemudi serta kehadiran Smart TV 48 inci. Di balik kap mesin tersedia dua opsi mesin hybrid yaitu mesin 4-silinder 2.5-liter dan 2.4-liter turbo yang keduanya dikombinasikan dengan motor elektrik.

LihatTutupKomentar