Racikan Suspensi dan Mesin Agya GR Sport 2023 Bikin Dua Pembalap Indonesia Kaget!

Racikan Suspensi dan Mesin Agya GR Sport 2023 Bikin Dua Pembalap Indonesia Kaget! 01

Toyota Agya GR Sport 2023 diklaim bukan cuma memiliki perbedaan dari segi fisik dibanding Agya tipe lainnya. Sebab Toyota bersama tim Gazoo Racing ternyata sudah meracik sistem suspensi dan steering khusus.

“Ini sebagai jawaban Toyota kalau tipe GR Sport bukan hanya styling, tapi di Agya suspensi dan steering sampai ban juga beda,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) ketika ditemui di Bali, Rabu (05/04/2023).

Racikan Suspensi dan Mesin Agya GR Sport 2023 Bikin Dua Pembalap Indonesia Kaget! 02

Toyota Agya GR Sport 2023

Apa yang diucapkannya ini pun lantas dibuktikan oleh para pembalap Toyota Indonesia. Berlokasi dispecial track Sirkuit GWK, Bali, ada dua pembalap tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang sudah menjajal Agya GR Sport 2023.

Keduanya yaitu Anjasara Benedictus Wahyu dan Jordan Johan. Dan mereka mengakui kalau Toyota Agya GR Sport 2023 dalam kondisi standar saja sudah bisa menaklukan sirkuit balap dengan cukup baik.

Baca juga: Harga Agya GR Sport 2023 Kemahalan, Toyota: Kami Tetap Ada Pembelinya

Pengendaliannya Juara

Racikan Suspensi dan Mesin Agya GR Sport 2023 Bikin Dua Pembalap Indonesia Kaget! 01

Anjas, Jordan, dan Dimas Aksa

Misalnya Anjasara yang dipercaya mengomandoi sejumlah jurnalis saat melakukan pengujian di trek Agility Sirkuit GWK tersebut. Menurut dia, pengendalian mobil ini jauh melampaui ekspektasi yang ia bayangkan sebelumnya.

Racikan Suspensi dan Mesin Agya GR Sport 2023 Bikin Dua Pembalap Indonesia Kaget! 02

Bukan hanya velg dan ban yang baru, tapi juga suspensi dan steeringnya diracik khusus

“Dalam artian suspensinya memang enak, gak limbung, steering yang baru lebih baik, dan fitur VSC (Vehicle Stability Control) juga bekerja dengan baik. Saya rasa improvement yang dilakukan 150 persen lebih baik dari Agya sebelumnya,” kata pembalap yang kerap disapa Anjas itu.

Baca juga: Mau Ubah Toyota Agya 2023 Jadi Tipe GR Sport? Cuma Tambah Rp6 Jutaan!

Ada Power Mode Akselerasi Lebih Sigap

Racikan Suspensi dan Mesin Agya GR Sport 2023 Bikin Dua Pembalap Indonesia Kaget! 03

Akselerasi juga lebih baik

Semetara Jordan yang bertugas mengetuai pengetesan akselerasi menyebutkan, kalau racikan mesin 3 silinder baru pada Agya 2023 berhasil meningkatkan kemampuan akselerasi mobil ini. “Karena kebetulan saya balap juga pakai Agya generasi sebelumnya, dan yang saya rasakan perubahannya sangat banyak,” ujar dia.

Racikan Suspensi dan Mesin Agya GR Sport 2023 Bikin Dua Pembalap Indonesia Kaget! 04

Transmisi CVT dibantu sistem Active D Control

Misalnya dari perubahan rasio gigi yang lebih rapat memberi respon mesin lebih baik. Kemudian keberadaan Power Mode juga ikut sumbangsih demi membuat mobil jadi makin cekatan. Sebagai catatan, Agya terbaru di semua varian memakai mesin 1.200 cc WA-VE 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi 113 Nm.

Racikan Suspensi dan Mesin Agya GR Sport 2023 Bikin Dua Pembalap Indonesia Kaget! 05

Tombol Power Mode di lingkar kemudi dapat diaktifkan

Menurut Jordan, dengan beberapa fitur baru, membuat mesin 3 silinder ini punya torsi lebih baik dari mesin 1.200 cc sebelumnya. “Mungkin orang akan berpikir mesin 3 silinder biasanya lemot, tapi ini torsinya lebih besar dari sebelumnya. Dan terbukti dari pengujian 0-60 km/jam sekitar 100 meter waktu terbaik didapat sekitar 6 detik,” tukas pembalap muda itu.

Baca juga: FAQ Toyota Agya 2023: Harga Lebih Mahal dari Brio Karena Fitur yang Semakin Canggih?

Toyota Agya GR Sport 2023 Siap Turun Balap

Adapun Dimas Aksa, Head Of Public Relation TAM menuturkan, Agya GR Sport terbaru ini memang sedang dipersiapkan untuk ikut serta dalam sejumlah kejuaraan balap Nasional.

“Sedang kita develop memang untuk balap, termasuk untuk slalom. Dan ya nantinya juga akan dipakai para pembalap TGRI,” jelas Dimas.

@autofun.indonesia Mobil 3-silinder yang kenceng-kenceng! #reviewmobil #gryaris #funfact ♬ [Live Recording] Flute Jazz Bossa Nova – arachang
LihatTutupKomentar