Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan

Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan 01

Advanced Driver Assistance System (ADAS) adalah fitur keselamatan pintar yang kini makin banyak diterapkan pada mobil-mobil baru. Penamaannya pun berbeda-beda. Misalnya ADAS yang dipakai oleh Wuling, lalu Toyota Safety Sense (TSS) untuk Toyota, Honda Sensing yang dipakai di mobil-mobil Honda, serta Hyundai SmartSense untuk Hyundai.

Sistem ini menggunakan sensor dan radar untuk menagkap berbagai objek dari bagian depan mobil. Mulai dari kendaraan lain, hingga pejalan kaki. Tujuannya tentu saja berusaha mencegah terjadinya kecelakaan yang fatal.

Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan 02

Mobil listrik Li L9

Namun seseorang pemilik mobil Li L9 yang juga sudah dilengkapi ADAS belum lama ini mengalami kejadian yang cukup menghebohkan.

Baca juga: Viral Daihatsu Xenia Bekas 2016 Dijual Rp760 Juta, Netizen Sebut Kenangannya Lebih Mahal

Mobil Pakai ADAS Mendeteksi Penampakan Hantu

Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan 01

Li L9 menggunakan monitor ekstra lebar

Dikutip dari Carnewschina, Senin (03/04/2023) pemilik mobil tersebut diketahui sedang berkunjung ke pemakaman setempat. Itu karena dirinya hendak berziarah ke mendiang leluhurnya dalam rangka menyambut peringatan Qingming Jie.

Sebagai informasi, festival ini kerap kali dilakukan di Cina atau warga Tiongkok untuk memperingati para leluruh mereka yang telah meninggal. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah berziarah dan membersihkan makam leluhur atau keluarga mereka yang sudah tiada.

Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan 02

Bahkan tampak ada orang bersepeda, padahal disekelilingnya sepi

Namun betapa terkejutnya ia karena ketika melihat ke monitor headunit didapati gambar-gambar yang aneh. Pada layar itu mendeteksi kerumunan orang dan beberapa pejalan kaki. Bahkan tampak juga ada pesepeda yang sedang melintas di pinggir jalan. Namun sebenarnya tidak ada manusia asli lain selain ia dan keluarganya di lokasi itu.

Pemilik mobil ini meyakini kalau ADAS di mobilnya berhasil menangkap penampakan hantu-hantu yang ada di pemakaman tersebut.

Baca juga: Viral Daihatsu Terios Masih Utuh di Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Mobil Lainnya Hangus

Sistem ADAS di Mobil Li L9

Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan 03

Sistem AD-Max di Li L9

Sebagai informasi, fitur keselamatan aktif pada Li L9 dinamakan AD-Max. Menggunakan banyak bantuan sensor dan radar, sistem ini juga dipersenjatai dua GPU Nvidia Orin-X untuk menghasilkan daya pemrosesan 508TOP. Kemudian ada juga tambahan enam kamera 8MP dan lima kamera 2MP guna mendeteksi berbagai objek, baik yang bergerak atau statis.

Untuk redeundansi membantu penglihatan pengemudi, AD-Max juga mengandalkan lidar hybrid Hesai 128-line. Sensor lainnya termasuk radar gelombang milimeter dan 12 sensor ultrasonik untuk membantu mendeteksi kamera 360 derajat dari keadaan sekitar kendaraan.

Baca juga: Viral Honda Civic Estilo Bekas Dijual Setara WR-V Baru, Masih Layak Dibeli?

Bukan Kali Pertama Mobil dengan ADAS Ada “Penampakan”

Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan 04

Li L9, mobil listrik mewah dari China

Viralnya kejadian mistis ini pun mendapat tanggapan dari pihak Li Auto. Juru bicara perusahaan menyatakan kalau ini bukan sebuah peristiwa supranatural. “Ini disebabkan keterbatasan kemampuan pengenalan sensor di wilayah tersebut,” tulis keterangan resmi perusahaan.

Namun tanggapan pengguna mobil Li Auto ternyata juga cukup mengejutkan. Sebab kejadian itu bukan kali pertama. Awal tahun 2023, seorang pemilik mobil Li juga menceritakan situasi yang mirip. Tampilan monitornya memperlihatkan situasi dimana ada penampakan “orang” yang mengejar mobil dari belakang.

Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan 05

Ada penampakan di bagian belakang mobil

“Mungkin saat itu ada bug pada alogaritma sistem dan kemungkinan kamera terganggu oleh tetesan air akibat sehabis hujan,” tulis keterangan dari pihak Li Auto.

Menurut Anda apakah benar sistem ADAS bisa menangkap penampakan hantu?

@autofun.indonesia Apa istimewanya kembaran Hyundai Ioniq5 satu ini? #mobilbaru #reviewmobil #kiaev6 #mobillistrik #ev #ioniq5 ♬ Chopin Nocturne No. 2 Piano Mono – moshimo sound design
LihatTutupKomentar