Mobil Keluarga Terjangkau, Harga Bekas Suzuki APV Lebih Murah dari Ninja 250!

Harga bekas Suzuki APV

Suzuki APV pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2004. Memilki bentuk mengotak, mobil keluarga model minibus ini sempat beberapa kali mendapatkan penyegaran. Mengetahui pasaran harga bekas, APV lansiran awal kini berada di angka Rp50 jutaan atau lebih murah dari Kawasaki Ninja 250 (2-silinder) yang dibandrol Rp66,9 juta OTR Jakarta.

Untuk diketahui APV hingga kini masih dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Mengenai harga, pesaing Daihatsu Luxio (Spesifikasi | Berita) ini dibandrol mulai dari Rp216,6 juta sampai dengan Rp242 juta OTR Jakarta.

Sebagaimana dijelaskan di atas, jika harga barunya dianggap kemahalan, mungkin APV bekas bisa jadi opsi yang menarik. Berikut beberapa hal yang membuat APV menarik untuk dimiliki.

Suzuki APV Bisa Memuat 8 Orang

Harga bekas Suzuki APV

Suzuki APV produksi awal hadir dalam empat tipe, yakni; A, E, L dan X. Untuk kapasitas daya tampungnya, mobil ini sanggup dimuati hingga 8 orang sekaligus dengan posisi duduk menghadap ke depan. Khusus tipe paling bawah, joknya dibuat saling berhadapan.

Mampu memuat 8 orang, dari segi berkendara mobil ini terasa cukup nyaman. Hal tersebut dikarenakan desain yang kotak menyuguhkan headroom serta legroom yang luas. Tak hanya itu, guna memberikan kenyamanan secara lebih, tipe X dilengkapi AC double blower serta spion dengan pengaturan elektrik.

Mulai dari tipe L, setiap jendelannya tersematkan power window yang memudahkan pengguna ketika ingin menaikan maupun menurunkan kaca hanya dengan menekan tombol, serta adanya central lock. Selain itu, mobil ini juga dibekali power steering yang membuat pengemudi nggak perlu kesusahan ketika memutar setir.

Bicara fitur keselamatan dan keamanan Suzuki APV berhasil disematkan side impact beam, alarm system, seatbelt, serta TECT BODY yang dapat meredam energy jika terjadinya benturan.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Mitsubishi Maven dengan Suzuki APV

Suzuki APV Bekas Pakai Mesin Carry 1.5, Mudah Dalam Perawatan

Harga bekas Suzuki APV

Pada dasarnya APV dibangun berdasarkan Carry 1.5. Dengan begitu mobil ini memiliki keunggulan dari segi perawatan yang terbilang mudah. Untuk mesinnya, mobil ini menggunakan kode G15A SOHC 4-silinder segaris 1.493 cc multi point injection yang juga dipakai Carry. Dari segi performa, tenaga yang diperolehnya sebesar 92,4 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak 126 Nm pada putaran 3.000 rpm. 

Guna membuatnya berjalan, mesinnya dipadukan transmisi manual 5-percepatan. Khusus tipe X, mobil ini mendapatkan opsi transmisi otomatis 4-percepatan. Selain tangguh berkat memiliki tingkat durabilitas tinggi, untuk konsumsi BBM nya terbilang irit. Seperti beberapa pengetesan yang pernah dilakukan, untuk penggunaan bahan bakarnya mobil ini sanggup menempuh jarak 12 km per liter.

Kelemahan Suzuki APV Bekas yang Wajib Diperhatikan Sebelum Beli

Harga bekas Suzuki APV

Harga bekas di angka Rp50 jutaan, Suzuki APV memiliki beberapa kelemahan yang wajib diketahui sebelum membeli. Seperti di bagian suspensinya, bantingan yang dihasilkan memiliki karakter stiff sehingga mengurangi kesan nyaman dalam berkendara.

Ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, mobil ini juga kurang stabil dan kerap menimbulkan gejala body roll berkat posturnya yang jangkung serta jauh dari kesan aerodinamis.

Oh iya, kelemahan lain yang sering dialami kebanyakan pemiliknya yaitu ban depan yang kerap makan sebelah. Guna mengatasi ban makan sebelah, pemilik bisa melakukan spooring secara berkala seperti 6 bulan sekali apabila mobil sering digunakan.

Tak hanya itu, kaki-kaki depan mobil ini juga rentan bermasalah seperti tie rod, link stabilizer, dan ball joint karena masa pakai. Kaki-kaki yang bermasalah tersebut selain mengurangi kestabilan berkendara tentu akan timbul suara asing saat melewati jalan rusak.

Terakhir untuk peredam kabinnya mobil ini terbilang tipis. Dengan begitu tidak mampu meredam getaran secara maksimal serta suara asing dari luar kendaraan. Tak hanya itu, peredam yang tipis juga tidak mampu menahan suhu panas dari mesin ke dalam kabin.

Baca juga: Belasan Tahun Modelnya Gitu-gitu Aja, Suzuki APV Ternyata Masih Bisa Diandalkan

LihatTutupKomentar