Mitsubishi Colt L300 Bakal Diproduksi di Indonesia Lagi, Perakitannya Ganggu Xpander?

Mitsubishi Colt L300 Bakal Diproduksi di Indonesia Lagi, Perakitannya Ganggu Xpander? 01

Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita, memastikan Mitsubishi Colt L300 dipastikan kembali digarap di Indonesia. Menurut Kurita, rencana pemindahan mobil komersial legendaris tersebut sudah dilakukan diskusi antara MMKSi dengan principal Mitsubishi Motors Corporation di Jepang. Hal itu pun langsung ditanggapi positif.

Baca juga: 4 Hal Menarik Mitsubishi L300 Euro 4, Losbak yang Bikin Kesengsem Pelaku Usaha Angkutan Barang

Mitsubsihi Colt L300

Mitsubsihi Colt L300

“Dan hasilnya akan produksi kembali L300 lagi di Tanah air, sekarang lagi persiapan. Bulan depan atau mendatang akan kembali lagi diproduksi di Indonesia,” ungkap Kurita saat acara MMKSI Media Gathering dan Iftar Ramadan di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2023).

Kurita sendiri tak menampik, pemindahan produksi L300 ke Filipina pada tahun lalu merupakan pilihan terbaik bagi Mitsubsihi Indonesia. Hanya saja, dengan berbagai pertimbangan, mobil yang sudah dijual sejak tahun 1981 ini ternyata akan kembali diproduksi secara lokal pada tahun ini. 

Baca juga: Ketahui Penyebab Mesin Mitsubishi L300 Suaranya Kasar, Padahal Baru 100 Ribuan Kilometer

Produksi Mitsubishi L300 Tidak Akan Ganggu Xpander

Mitsubsihi Colt L300

Mitsubsihi Colt L300 hadir sejak tahun 1981

Rencana untuk memproduksi Mitsubishi Colt L300 ke Indonesia lagi juga dibenarkan Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI. Bahkan pria kelahiran Jepang yang mahir berbahasa Indonesia ini menyatakan, untuk proses produksinya akan segera dimulai. Hanya saja untuk detail pastinya dia tidak bisa menjabarkannya.

“Sebetulnya produksi lokal di pabrik kita di Indonesia akan dimulai segera, tapi dimulai secara bertahap, segera. Kalau tidak salah minggu depan sudah sedikit-sedikit dimulai terhadap persiapannya,” ujar Tsuchida.

Baca juga: Modifikasi Mitsubishi L300, Si Jambrong yang Bukan Lagi Losbak Sayur

Mitsubsihi Colt L300

Mitsubsihi Colt L300 jadi mobil andalan di sektor komersial

Tsuchida sendiri menegaskan, dengan diproduksinya L300 di Indonesia, maka hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap terganggunya proses produksi Xpander atau Pajero Sport yang juga dibuat di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi. 

“Tidak terganggu. Karena (alasan Colt L300 sempat di Impor dari Filipina) memang bukan karena ada Xpander (dibuat lokal). Ini cuma masalah sedikit yang ceritanya panjang. Cuma memang itu hanya faktor produksi. Tapi sekarang sudah tidak ada masalah,” ucap Tsuchida.

Mitsubsihi Colt L300

Mitsubsihi Colt L300 dianggap jadi mobil pick up tangguh yang bisa membawa berbagai kebutuhan

Dia juga menegaskan, jika Mitsubishi Colt L300 diproduksi secara lokal, maka untuk penjualan masih difokuskan untuk pasar otomotif domestik dan belum ada rencana untuk ekspor.

Tsuchida sendiri tidak mau menjelaskan panjang lebar apakah dengan produksi secara lokal, maka untuk urusan harganya jadi lebih terjangkau. Sebaliknya, dia hanya menjawab ‘Insya Allah’. 

Sekilas Perjalanan Mitsubishi L300

Mitsubsihi Colt L300

Mitsubsihi Colt L300 juga kerap digunakan untuk transportasi umum

Seperti diketahui, Mitsubishi Colt L300 telah hadir lebih dari 40 tahun di Indonesia. Sosok mobil niaga ini sudah mengalami asam garam di pasar otomotif nasional. 

Sejak muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 1981, L300 sudah mengalami berbagai evolusi dan penyempurnaan. Bahkan mobil ini juga sudah pernah hadir dengan menggunakan mesin bensin dan diesel, sampai kubikasi L300 jadi lebih besar karena menggunakan mesin 2.3 liter dan 2.5 liter. 

Singkat kata, MMKSI mengungkapkan bahwa Colt L300 terbaru  yang diluncurkan pada 2022 lalu tidak diproduksi Indonesia, melainkan didatangkan dari Filipina. Kini, Colt L300 akan kembali diproduksi secara lokal. 

 

LihatTutupKomentar