Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 01

All New Mercedes-Benz E-Class W214 2023 resmi mendebut di Eropa. Bagi pabrikan asal Jerman ini, E-Class terbaru merupakan transisi dari mesin pembakaran internal (ICE) menuju era penggerak listrik (EV). Sehingga Mercedes-Benz seakan mengkombinasikan kedua unsur itu.

Lihat saja ada banyak nuansa EQ sebagai varian electric dari Mercedes-Benz di E-Class terbaru ini. Walau begitu nuansa klasik tetap tak dihilangkan seluruhnya sebagai ciri khas sebuah E-Class dari masa ke masa. Sementara dari sisi powertrain, Mercy juga menawarkan banyak sekali opsi mesin hybrid di produk terbarunya ini.

Baca juga: Mercedes-Benz E-Class dan S-Class 2021 Rakitan Indonesia Dirilis, Harganya Turun Sampai Rp500 Jutaan

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Kental Nuansa Elektrifikasi

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 01

Varian AMG Line

Pertama-tama kita bahas dari segi eksteriornya. E-Class 2023 masih memiliki overhang depan pendek dengan kap mesin panjang sebagaimana ciri dari E-Class generasi sebelumnya. Namun antara lampu utama dan gril depan dihubungkan dengan panel black gloss yang mirip dengan gril tertutup pada lini EQ.

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 02

Aura elegan tak pernah hilang

Untuk trim AMG Line grilnya pakai logo bintang besar dengan desain yang lebih agresif. Sedangkan Exlusive Line mendapat gril model tiga garis horizontal, lengkap dengan logo bintang yang menonjol di bagian kap mesin. Sepintas, desainnya mirip gril kepunyaan Mercedes-Benz S-Class namun dengan bilah gril yang lebih renggang.

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 03

Lampu belakang jadi ciri khasnya

All New E-Class juga terlihat menggunakan desain lampu utama yang baru yang memakai teknologi LED berperforma tinggi. Adapun pada lampu belakang terbagi masing-masing atas dua bagian, juga pakai teknologi LED. Yang menarik, lampu remnya dibuat motif dua bintang sehingga terlihat lebih atraktif.

Baca juga : Mercedes-AMG A35 4MATIC Sedan dan GLA 35 4MATIC Rakitan Indonesia Mulai Dijual, Tapi Harganya Masih Bikin Merinding

Dijejalkan Teknologi PHEV

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 04

Semuanya pakai teknologi hybrid

Kalau disebut E-Class terbaru sebagai peralihan untuk menuju seri EQ memang bukan sekedar gimmick semata. Pasalnya ketika diperkenalkan pertama kali untuk pasar Eropa, lebih dari setengah varian mesin sedan ini hadir dengan teknologi Plug-In Hybrid (PHEV).

Misalnya pada varian E300e dan E300e Matic yang mempunyai daya puncak 313 PS dengan torsi 550 Nm. Tipe tertinggi ada E400e 4Matic yang kombinasi mesin bensin dan teknologi baterai dan motor listriknya bisa menghasilkan power maximum 381 PS dengan torsi 650 Nm.

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 05

Bisa diisi daya fast charging 55 kW

Semua varian PHEV ini dibekali mesin bensin 2.0-liter 4 silinder tapi juga mampu melaju sejauh 100 km dengan mode full electric (berdasarkan data WLTP) hanya pakai motor listrik dengan energi baterai. Ini akibat adanya baterai berkapasitas 25,4 kWh. Jika baterai tersebut kehabisan daya, maka selain dari energi regeneratif, juga dapat diisi ulang menggunakan soket fast charging DC hingga 55 kW. Atau bisa juga menggunakan soket AC 11 kW.

Lalu adakah yang masih pakai sistem pembakaran internal (ICE)? Ada, yaitu di tipe terendah E200. Itupun mesin bensin 2.0-liter turbocharged dikombinasikan sistem Mild-Hybrid (MHEV) berdaya 204 PS. Lantas ada tipe E200d yang pakai mesin diesel 197 PS.

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 06

All New E-Class

Tenaga maskimumnya ada di 204 PS dengan torsi puncak 320 Nm, tapi generator starter yang terintegrasi dengan mesin mampu menghasilkan daya 23 PS dan torsi tambahan 205 Nm. Alhasil akselerasi jadi lebih mulus dan gesit.

Baca juga : Kelebihan dan Kelemahan Mercedes-Benz E-Class W124 Aka Boxer, Sedan Jadul yang Lagi ‘Digoreng’

Bisa TikTok-an di Dalam Mobil

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 07

Desain dasbor juga mirip Mercedes-EQ

Ada banyak hal menarik dari All New Mercedes-Benz E-Class W214 2023. Termasuk dari sektor kabin. Sama seperti seri EQ, sedan ini juga sudah mendapatkan MBUX Superscreen, yaitu tampilan dasbor yang seakan menyatu sebagai layar super lebar mulai dari kuang kemudi hingga penumpang depan.

Bagian ini juga dilengkapi Active Ambient Light dengan pilihan warna yang disesuaikan dengan selera pemiliknya. Tak cuma itu, headunit yang ada di bagian tengah dasbor ini juga memungkinkan untuk terpasng aplikasi pihak ketiga. Jadi Anda bisa mengunduh dan mengaktifkan beberapa aplikasi seperti Zoom, Spotify, hingga TikTok.

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 08

Ruang belakang dengan atap panoramic

Nah kalau mau Tik-Tok-an di dalam kabin mobil ini juga bisa. Sebabnya, MBUX Superscreen itu juga sudah dilengkapi kamera yang dapat digunakan untuk swafoto atau merekam video.

Selain buat TikTok, kamera ini dpaat digunakan kalau Anda harus video conference secara online misalnya melalui aplikasi Zoom Meeting. Tapi perlu diingat, kamera baru bisa berfungsi kalau mobil dalam keadaan terparkir.

Mercedes-Benz E-Class W214 2023 Resmi Diluncurkan, Opsi Menarik daripada EQE 09

Apakah akan segera masuk Indonesia?

Mercedes-Benz mengatakan E-Class W214 2023 baru akan masuk ke showroom di Eropa pada musim gugur 2023. Sementara penjualan dimulai pada musim panas atau kira-kira Juni-Juli 2023.

LihatTutupKomentar