Mau Tetap Puasa Saat Mudik? Perhatikan 7 Hal Ini Biar Perjalanan Lancar

Mau Tetap Puasa Saat Mudik? Perhatikan 7 Hal Ini Biar Perjalanan Lancar 01

Momen mudik Lebaran adalah hal yang paling ditunggu-tunggu bagi sebagian besar masyarakat Indonesia ketika Bulan Ramadan tiba. Berkumpul bersama seluruh keluarga di kampung halaman, pastinya jadi kesempatan yang tak bisa tergantikan.

Namun karena masih dalam suasana menjalankan ibadah puasa, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mudik Lebaran. Supaya puasa Anda tetap lancar, dan perjalanan juga berlangsung aman serta nyaman.

Baca juga: Jangan Cuek Sebelum Mudik Lebaran, Ini Bagian Wajib Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh

Yuk perhatikan 7 hal ini biar tetap bisa lancar puasa saat mudik.

1. Rencanakan Perjalanan

Mau Tetap Puasa Saat Mudik? Perhatikan 7 Hal Ini Biar Perjalanan Lancar 01

Tentukan rute perjalanan bisa menggunakan GPS Navigation

Dikutip dari Hellosehat, Jumat (31/03/2023), hal pertama yang cukup penting untuk dilakukan adalah merencanakan perjalanan. Pastikan kapan Anda hendak berangkat mudik, rute mana yang bakal ditempuh dan dimana akan beristirahat. Ini penting untuk mengestimasi berapa waktu tempuh hingga bisa sampai di lokasi tujuan.

2. Pastikan Asupan Nutrisi dan Cairan Cukup

Mau Tetap Puasa Saat Mudik? Perhatikan 7 Hal Ini Biar Perjalanan Lancar 02

Pastikan sahur dengan makanan bergizi

Sebelum berangkat, pastikan asupan nutrisi mencukupi selama perjalanan. Mengingat puasa saat mudik tentunya tidak makan dan minum, maka saat sahur makanlah makanan bergizi. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar badan Anda tidak dehidrasi ketika berkendara untuk waktu yang relatif lama.

Baca juga : 5 Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Naik Mobil Saat Mudik

3. Jaga Stamina dan Konsentrasi

Mau Tetap Puasa Saat Mudik? Perhatikan 7 Hal Ini Biar Perjalanan Lancar 03

Buah untuk menjaga stamina tubuh

Jika ingin melakukan perjalanan jauh saat puasa, perhatikan kondisi tubuh Anda tetap terjaga staminanya selama perjalanan. Saat sahur dan berbuka, konsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C dan zinc untuk memperkuat daya tahan tubuh supaya tak mudah lelah. Jika diperjalanan muncul rasa kantuk, maka beristirahatlah, jangan paksakan mengemudi.

4. Perjalanan Setelah Buka Puasa Lebih Baik

Mau Tetap Puasa Saat Mudik? Perhatikan 7 Hal Ini Biar Perjalanan Lancar 04

Waspadai potensi kepadatan lalu lintas saat malam hari

Perjalanan mudik Lebaran siang hari tentu banyak manfaatnya. Antara lain dari sisi pencahayaan yang lebih baik daripada mudik malam hari. Tapi untuk menghindari terlalu lelah puasa saat mudik, maka boleh lakukan perjalanan malam hari. Mulailah perjalanan dari sesaat sebelum atau sesudah berbuka puasa, sehingga selama perjalanan Anda bisa tetap makan dan minum.

5. Bawa Obat-obatan

Mau Tetap Puasa Saat Mudik? Perhatikan 7 Hal Ini Biar Perjalanan Lancar 05

Jangan lupa bawa obat-obatan

Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi selama Anda melakukan perjalanan jarak jauh. Terlebih kondisi orang yang berpuasa relatif rentan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan membawa obat-obatan sendiri di dalam kotak P3K.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Konsentrasi Mengemudi Meski Perjalanan Jauh

6. Bawa Bekal Makanan

Mau Tetap Puasa Saat Mudik? Perhatikan 7 Hal Ini Biar Perjalanan Lancar 06

Lebih baik bawa bekal daripada jajan sembarangan

Meski Anda melakukan perjalanan siang hari dan tidak makan atau minum akibat berpuasa, namun sebaiknya tetap bawa bekal makanan. Karena bisa saja perjalanan lebih lama dari yang direncanakan akibat terjadi kemacetan, sehingga Anda harus berbuka atau sahur di perjalanan. Jangan mengambil risiko dengan membeli makanan di jalan yang tidak Anda ketahui pasti kualitas dan kebersihannya.

7. Pastikan Istirahat Jika Lelah

Mau Tetap Puasa Saat Mudik? Perhatikan 7 Hal Ini Biar Perjalanan Lancar 07

Jangan paksakan mengemudi kalau ngantuk

Ini adalah hal penting ketika Anda melakukan perjalanan jauh. Kecelakaan jalan raya sering kali terjadi akibat pengemudi yang lelah dan mengantuk. Karena itu jangan paksakan jika tubuh sudah sangat lelah. Berhentilah untuk istirahat 15-30 menit setiap berkendara maksimal 4 jam.

Itu dia beberapa tips jika tetap ingin puasa saat mudik. Selamat mudik!

@autofun.indonesia Tonton sampai habis buat yang mau mudik gratis! #MudikFunBersamaHyundai #tipsmobil #mobilbaru #stargazer #hyundai #DiantarSangBintang ♬ 80s synth pop retro scale feeling(951304) – Hanadayama Music Lab
LihatTutupKomentar