Ini Alasan Kenapa SUV Nissan Juke Layak Dipertimbangkan Jadi Mobil Bekas Pilihan

Ini Alasan Kenapa SUV Nissan Juke Layak Dipertimbangkan Jadi Mobil Bekas Pilihan 01

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011, SUV Nissan Juke berhasil memikat konsumen Tanah Air dengan desain uniknya yang futuristik sekaligus sporty. Namun, seiring bertambahnya usia, minat konsumen Indonesia terhadap Nissan Juke kian meredup hingga akhirnya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) harus menutup kran penjualan mobil ini pada tahun 2017.

Meski demikian, Nissan Juke bekas bisa menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin memiliki sebuah crossover atau SUV dengan tampilan yang berbeda dan harga yang terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dari sisi dimensi, mobil ini bisa jadi alternatif menarik jika dibandingkan dengan Daihatsu Rocky atau Toyota Raize. Untuk itu, simak beberapa kelebihan Nissan Juke yang perlu diketahui sebelum membeli mobil bekas ini.

Baca juga: Kilas Balik Sejarah Nissan Juke, Compact SUV Kontroversial yang Cuma Sukses Sesaat

Harga SUV Nissan Juke Menggoda

Di pasar mobil bekas saat ini, harga Nissan Juke sangat bervariasi tergantung pada tahun pembuatan, kondisi kendaraan, serta lokasi penjualan. Namun, untuk memberi gambaran umum, harga pasaran mobil bekas Nissan Juke di Indonesia berkisar antara Rp100 jutaan kecil untuk Nissan Juke tahun 2011, hingga Rp180 jutaan untuk Juke lansiran tahun 2017.

Ini Alasan Kenapa SUV Nissan Juke Layak Dipertimbangkan Jadi Mobil Bekas Pilihan 01

Jika dibandingkan dengan mobil-mobil LCGC terbaru yang saat ini dijual mulai di kisaran Rp130 Jutaan, tentu saja Nissan Juke jadi pilihan yang lebih menarik. Meski begitu di rentang harga yang sama Nissan Juke masih memiliki rival SUV yang juga tak kalah menarik, yaitu Mitsubishi Outlander Sport, Daihatsu Terios Konde atau bahkan Chevrolet Trax.

Baca juga: Komparasi Crossover Bekas Rp150 Jutaan, Mana Lebih Oke Antara Nissan Juke vs Chevrolet Trax?

Desain Unik dan Futuristik

Saat pertama kali diluncurkan, Nissan Juke berhasil memikat konsumen dengan desainnya yang terbilang unik, futuristik. Desain fasad mobil ini memang sekilas menyerupai katak raksasa yang dihiasi lampu yang dibagi menjadi tiga bagian. Namun di jamannya ini adalah sebuah desain yang out of the box.

Ini Alasan Kenapa SUV Nissan Juke Layak Dipertimbangkan Jadi Mobil Bekas Pilihan 02

Lampu halogen dengan reflektor pipih dan menyudut dibuat menyatu dengan lampu sein yang berada di posisi paling atas. Meski begitu, lampu utama mobil ini masih menggunakan bohlam halogen yang posisinya ada di bumper. Sedangkan pada generasi facelift yang diperkenalkan pada 2015, lampu utamanya telah menggunakan teknologi projector Xenon dengan fitur auto on/off dan auto leveling.

SUV Nissan Juke

Pada bagian air-damnya, SUV Nissan Juke dilengkapi fog lamp model bulat yang sangat berguna ketika berkendara di tempat yang minim penerangan. Sementara itu, pada bagian belakang, Nissan telah membenamkan LED Signature dengan tambahan High-Mounted Stop Lamp serta desain Tail-lamp yang membuat kesan sporty semakin kental.

Baca juga: Harga Pasarannya di Bawah Rp150 Jutaan, Pilih Nissan Juke atau X-Trail T31?

Pakai Mesin Livina 1.5L yang Mudah Dirawat

Nissan Juke menggunakan mesin 1.500 cc yang sama persis dengan yang digunakan oleh Nissan Livina dan Evalia. Mesin bensin dengan kode HR15DE Dual CVVT DOHC 4-silinder segaris berkubikasi 1.498 cc ini dapat meletupkan tenaga hingga 114 PS di angka 6.000 rpm serta torsi 150 Nm di putaran 4.000 rpm.

SUV Nissan Juke

Nissan Juke juga sudah menggunakan transmisi Xtronic CVT. Meskipun terbilang mudah dirawat, Nissan Juke diwajibkan untuk selalu menggunakan RON 92 atau Pertamax setiap kali mengisi bahan bakar. Pengguna yang memakai kadar oktan bensin di bawah itu seringkali mendengar suara ngelitik ketika menanjak atau saat berakselerasi setelah melewati polisi tidur.

Baca juga: 5 Kekurangan Nissan Juke yang Belum Banyak Orang Tahu

Fitur Keselamatan Sudah Lengkap

Mengenai faktor keselamatan, Nissan Juke punya banyak fitur keamanan yang cukup lengkap pada saat diperkenalkan. Ada Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) yang menjamin keselamatan berkendara. 

Ini Alasan Kenapa SUV Nissan Juke Layak Dipertimbangkan Jadi Mobil Bekas Pilihan 05

Saat ABS dapat mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman dan memudahkan pengendalian, EBD membantu ABS agar bisa berfungsi dengan lebih baik. EBD dapat turut mengatur traksi roda sesuai dengan kondisi jalan, muatan, dan kecepatan, sehingga pengendalian menjadi jadi lebih halus dan aman.

Selain itu, SUV Nissan Juke juga dilengkapi dengan rear parking sensor dan kamera belakang yang terhubung dengan head unit layar sentuh 7 inci untuk memudahkan pengemudi ketika parkir. Ada juga SRS airbag, tautan bangku ISOFIX, dan seat belt di setiap kursinya sebagai peranti keselamatan pasif.

Ini Alasan Kenapa SUV Nissan Juke Layak Dipertimbangkan Jadi Mobil Bekas Pilihan 06

Nissan Juke juga punya fitur keamanan berupa keyless remote atau Intelligent Key yang sangat memudahkan pengguna. Pengguna tinggal tekan tombol untuk mengunci atau membuka pintu, dan tinggal tekan tombol start/stop engine untuk menyalakan atau mematikan mesin.

Baca juga: Ada Promo Servis Nissan Juke dan Grand Livina, Paket Kaki-kaki Mulai Rp600 Ribuan

Fitur Nissan Juke Memanjakan Pengemudi dan Penumpang

Bagi pecinta musik, Nissan Juke bekas bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem audio yang cukup baik. Nissan Juke telah head unit dengan layar sentuh 7 inci dan 8 speaker yang terintegrasi. Selain itu, mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur koneksi via Wifi, MP3 Function, USB Connection, Bluetooth maupun AUX.

Ini Alasan Kenapa SUV Nissan Juke Layak Dipertimbangkan Jadi Mobil Bekas Pilihan 07

Sementara untuk penyejuk kabin, Juke telah dilengkapi dengan climate control yang modern untuk kenyamanan seluruh penumpangnya. Sementara bagi pengemudi, Nissan telah melengkapi Juke dengan pilihan mode pengendaraan Normal, Eco dan Sport agar dapat disesuaikan dengan pengendaraan yang diinginkan.

Interior SUV Nissan Juke Ergonomis dan Praktis

Selain desain eksterior yang unik, Nissan Juke juga memiliki desain interior yang unik. Bagian dashboardnya didominasi bentuk membulat dan Nissan mengatur tombol-tombolnya dengan ergonomis untuk memudahkan dalam mengoperasikan fitur-fitur yang dibawanya.

Ini Alasan Kenapa SUV Nissan Juke Layak Dipertimbangkan Jadi Mobil Bekas Pilihan 08

Selain itu, kabin Nissan Juke juga dapat dibilang leluasa dan praktis untuk diajak bepergian ke luar kota. Salah satunya adalah berkat kapasitas bagasi yang dapat mencapai 345 liter. Selain itu bangku baris keduanya juga dapat dilipat dengan rasio 60:40 untuk menambah kapasitas bagasi. 

SUV Nissan Juke

Meski begitu, terkait dengan desain eksteriornya yang modern, tampaknya hal ini juga cukup berdampak pada ruang kabin di bangku baris belakang. Selain ruang kaki yang terasa terbatas, atap yang menurun di bagian belakang juga membuat ruang kepalanya terasa sempit.

Anda bisa mendapatkan Nissan Juke bekas dengan mencarinya melalui CARSOME maupun Mobil123 untuk Nissan Juke bekas yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan jaminan CARSOME Certified yang telah melewati inspeksi 175 titik serta masih ada garansi 1 tahun serta jaminan uang kembali 5 hari jika membelinya lewat CARSOME.
 

LihatTutupKomentar