Honda HR-V Punya Wajah Lain di China, Tenaganya Lebih Besar

Honda HR-V Punya Wajah Lain di China, Tenaganya Lebih Besar 01

Honda HR-V yang kita kenal sudah diluncurkan sejak Maret 2022. Selain Indonesia, beberapa negara lain seperti Thailand, Filipina, dan juga China sudah menjual SUV Crossover ini.

Namun ada yang unik dari Honda HR-V yang dijual di Negeri Tirai Bambu. Sebab disana ada dua pemegang merek yang sama-sama menjual HR-V. Pertama ada Guangqi Honda, satu lagi Dongfeng Honda. Dan kedua pemegang merek ini ternyata menghadirkan sosok HR-V dalam wujud yang berbeda. Waduh!

Baca juga: Honda HR-V RS Turbo Rilis di Filipina, Tapi Kok Harganya Malah Lebih Murah dari Indonesia?

Tampilan HR-V 2023 versi Dongfeng Honda

Honda HR-V Punya Wajah Lain di China, Tenaganya Lebih Besar 01

Tampilan belakangnya pun beda

Dikutip dari Autohome, Kamis (13/04/2023), pihak Dongfeng Honda baru saja merilis HR-V generasi terbaru. Tapi secara penampilan cukup berbeda dengan HR-V yang dijual di Asia Tenggara.

Lihat saja fascia depannya yang malah lebih mirip HR-V generasi kedua. Ini tercermin pada gril model trapesium berhias aksen garis horizontal. Kemudian lampu utamanya juga masih sedikit lebar, tidak meruncing seperti HR-V yang dijual di Indonesia. Menariknya lampu utama ini terintegrasi dengan daytime running light dibagian tengahnya.

Honda HR-V Punya Wajah Lain di China, Tenaganya Lebih Besar 02

Tipe tertinggi pakai velg ring 18

Bemper depan juga punya lubang udara yang cukup besar, sementara pada versi Indonesia bentuknya lebih tertutup. Siluet tubuhnya juga lebih membulat dengan trip dekoratif hitam pada bagian wheel arch, dan bingkai jendela. Untuk tipe tertinggi, HR-V dari Dongfeng Honda pakai ban ukuran 18 inci, sementara tipe lain 17 inci.

Baca juga: Debut Global Honda HR-V 2022 Bermesin 1.5 Turbo di Indonesia, Ini Varian dan Harga Lengkapnya

Interiornya Mirip Honda Civic RS

Honda HR-V Punya Wajah Lain di China, Tenaganya Lebih Besar 03

Tampilan interiornya

Selain fasad luar yang berbeda, tata letak kabin HR-V terbaru di China ini juga tak sama dengan versi Indonesia. Bentuk dasbornya malah mirip kepunyaan Honda Civic RS. Begitupun dengan headunit model floating, desain lingkar kemudi, hingga tampilan meter clusternya mirip.

Honda HR-V Punya Wajah Lain di China, Tenaganya Lebih Besar 04

Bagian instrumen cluster

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari bentuk konsol tengah yang terdapat beberapa tombol pengaktifan fitur. Kemudian desain pelapis jok pada HR-V versi Dongfeng China ini juga berbeda lantaran diberi aksen garis pada bagian tengahnya.

Baca juga: FAQ Honda HR-V 2022: Bentuk Lebih Keren, Harga Makin Mahal, Apa Fitur Makin Komplit?

Spesifikasi HR-V versi Dongfeng Honda

Honda HR-V Punya Wajah Lain di China, Tenaganya Lebih Besar 05

Ukuran tubuhnya lebih besar dari versi Indonesia

Secara dimensi, mobil baru ini memiliki panjang 4.569 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.621 mm, dan jarak sumbu roda 2.655 mm. Dibandingkan dengan versi Indonesia, HR-V dari Dongfeng Honda ini lebih panjang 184 mm, lebih lebar 50 mm, lebih tinggi 31 mm, dan jarak sumbu rodanya juga lebih panjang 45 mm.

Honda HR-V Punya Wajah Lain di China, Tenaganya Lebih Besar 06

Ada mesin 1.5 turbo dan 2.0 hybrid

Untuk mesin yang digunakan ada dua opsi, pertama mesin 1.5L Turbo bertenaga 182 PS. Bandingkan dengan mesin HR-V RS Turbo di Indonesia yang hanya berdaya 177 PS. Kemudian ada juga varian mesin hybrid 2.0-liter yang dikombinasikan motor elektrik. Varian hybrid ini menggunakan gearbox E-CVT dengan tenaga maksimum 142 PS.

Honda HR-V Punya Wajah Lain di China, Tenaganya Lebih Besar 07

Ada Drive Mode

Oh ya, semua varian Honda HR-V di China ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda Sensing. Selain itu ada juga pilihan Drive Mode untuk pengemudi.

Harganya Mulai Rp340 Jutaan

Ada total delapan varian Dongfeng Honda HR-V 2023 ini. Harganya mulai dari 159.900 hingga 228.900 yuan. Angka itu kira-kira setara Rp344 jutaan – Rp492 jutaan. Hmm… masih lebih murah dari harga Honda HR-V di Indonesia ya.

LihatTutupKomentar