Hati-hati! Bahaya Mengintai Bawa Barang di Atap Mobil Secara Berlebihan

Hati-hati! Bahaya Mengintai Bawa Barang di Atap Mobil Secara Berlebihan 01

Tradisi mudik saat Hari Raya Idul Fitri menjadi momen berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Barang yang dibawa saat mudik pun bisa banyak, mulai dari pakaian hingga oleh-oleh untuk sanak saudara. Tapi hati-hati ketika bawa barang berlebih di atap mobil, ada bahaya mengintai.

Ketika bepergian keluar kota terkadang mobil sudah dipenuhi oleh penumpang, bagasi yang terbatas membuat barang yang dibawa tidak bisa banyak. Beberapa orang mengakalinya dengan meletakkan di atap mobil.

Dampak Membawa Barang Membuat Mobil ODOL

Hati-hati! Bahaya Mengintai Bawa Barang di Atap Mobil Secara Berlebihan 02

Jangan asal taruh barang di atap mobil

Membawa barang bawaan di atap mobil saat perjalanan mudik lebih banyak menimbulkan kerugian. Salah satunya ialah berpotensi mengalami kecelakaan di tol atau jalan raya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot(‘/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard’, [
728,
90
], ‘div-gpt-ad-1649907777923-0’).addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1649907777923-0’); });

Selain itu muatan yang berlebih atau over dimensi over load (ODOL) bisa membuat handling mobil berkurang atau limbung yang berlebihan. Akibatnya mobil bisa laka tunggal karena terguling dan membahayakan pengendara lainnya.

Baca juga : 7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik

Hati-hati! Bahaya Mengintai Bawa Barang di Atap Mobil Secara Berlebihan 01

Mobil dengan muatan berat berpotensi bahaya di jalan

Kerugian lain dari membawa barang berlebih di atap mobil adalah konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Beban mobil yang lebih berat dari rekomendasi pabrikan akan membuat mesin bekerja ekstra yang membuat proses pembakaran menjadi berlebih.

Baca juga : Mau Pasang Roof Box Mobil Buat Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini

Ada Aturan Soal Membawa Barang di Mobil

Hati-hati! Bahaya Mengintai Bawa Barang di Atap Mobil Secara Berlebihan 02

Sebaiknya pasang roof box

Biasanya saat perjalanan mudik banyak orang menaruh barah di atap mobil lalu ditutupi terpal dan diikat tali tambang. Ternyata dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan, hal tersebut diperbolehkan dengan syarat.

Salah satu syarat yang dipenuhi ialah membawa barang di atap harus tersedia ruang muatan atau tempat muatan yang dirancang khusus, seperti roof box. Kemudian barang yang diangkut sesuai dengan kapasitas ruangan. 

Hati-hati! Bahaya Mengintai Bawa Barang di Atap Mobil Secara Berlebihan 03

Pastikan barang diikat kuat

Dalam peraturan tersebut juga disebut bahwa barang yang diangkut di atap mobil tidak mobil melebihi daya angkut sesuai dengan tipe kendaraannya. Sehingga mobil tidak menjadi ODOL karena bisa menimbulkan bahaya baik untuk diri sendiri maupun mobil disekitarnya.

Baca juga : 8 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berangkat Mudik Lebaran

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot(‘/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard’, [
728,
90
], ‘div-gpt-ad-1649907953835-0’).addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1649907953835-0’); });

LihatTutupKomentar