Harga Daihatsu Terios Konde Bekas Cenderung Stabil, Kok Bisa?

Harga Daihatsu Terios Konde Bekas
Harga Daihatsu Terios Konde Bekas

Masih ingat dengan Mobil Daihatsu Terios? Banyak yang menyebutnya Terios Konde. Harga Daihatsu Terios Konde Bekas, Cendrung Stabil, Kok Bisa?. Mari kita ulas.

Pertama kali meramaikan kancah otomotif Tanah Air sekitar tahun 2006 dengan mendapat sebutan Terios konde. Kehadiran mobil ini merupakan jawaban atas permintaan pasar akan sebuah SUV keluarga dengan harga terjangkau, mudah perawatan, sekaligus hemat dalam hal penggunaan bahan bakar, Kombinasi yang bagus.

Kalau kamu masih kepincut Terios gen 1 ini, hanya sekedar informasi saja bahwa untuk harga bekasnya berada di angka Rp80 jutaan. Terbilang cukup stabil, untuk harga bekasnya tersebut merupakan varian TS. Sedangkan tipe diatasnya, TX, umumnya lebih mahal Rp10 juta hingga Rp20 juta. Lantas faktor apa yang membuat Terios gen 1 terus diburu meskipun harga bekasnya stabil? Berikut alasannya.

1. Daihatsu Terios Konde Terbukti Tangguh

Daihatsu Terios Konde Terbukti Tangguh
Daihatsu Terios Konde Terbukti Tangguh

Sebagai generasi penerus Daihatsu Taruna, Terios gen 1 terbukti tangguh di segala medan. Meski menggunakan sasis unibody sama seperti yang dipakai Avanza, mobil ini masih bisa dengan mudah digunakan untuk off road ringan.

Hal ini dikarenakan Terios sendiri memiliki ground clearance cukup tinggi mencapai 200 mm serta penggerak roda belakang yang menjadi modal utamanya. Dengan begitu jangan heran apabila mobil ini mayoritas disukai masyarakat daerah yang tinggal atau sering melewati jalan menanjak dan menurun dengan kontur berbatu.

Dari segi kaki-kaki Terios juga tangguh tidak mudah rusak meski acap kali melewati jalan rusak dengan membawa beban berat.
 

2. Tampilan Gagah

Tampilan Gagah
Tampilan Gagah

Sebagai mobil SUV, secara tampilan Daihatsu Terios konde membawa kesan gagah khas SUV jadul. Terlihat pada eksteriornya mobil ini membawa bentuk membulat dan kekar.

Di bagian depan khususnya tipe TX berhasil dibekali lampu dengan projector. Untuk sisi samping di atas roda terdapat wheel arch, kemudian ada side skirt, foot step dan roof rail. Lebih memberikan kesan gagah dan tangguh, ban cadangannya diletakan menggantung pada pintu yang mana juga memudahkan pengguna ketika ingin mengganti ban.
 

3. Mesin Jarang Rewel

Mesin Jarang Rewel
Mesin Jarang Rewel

Daihatsu Terios konde dibekali mesin 1.495 cc berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-i. Jantung pacu berkombus injeksi 4-silinder segaris tersbut mampu memeras tenaga 109 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak mencapai 145 Nm pada putaran 4.400 rpm. Pada varian TS, mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan tipe diatasnya hadir dengan opsi transmisi otomatis 4-percepatan.

Untuk mesin 3SZ sendiri digunakan di beberapa produk lain seperti Daihatsu Luxio, Daihatsu Gran Max, Toyota Avanza dan Toyota Rush. Mesin dengan durabilitas tinggi ini jarang sekali mengalami kerusakan selama pemiliknya rajin mengganti oli mesin secara teratur serta melakukan tune up secara berkala.

4. Konsumsi BBM Cukup Irit

Konsumesi BBM Cukup Irit

Daihatsu Terios generasi pertama bisa dibilang merupakan salah satu LSUV 7-seater yang cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar. Diketahui bahwa rata-rata penggunaan dalam kotanya mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 11 km/liter. Berbeda ketika melakukan perjalanan ke luar kota yang notabene sering dipacu dalam kecepatan konstan, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 14 km/liter.

5. Spare Part Murah dan Mudah Didapat

Spare Part Murah dan Mudah Didapat
Spare Part Murah dan Mudah Didapat

Hal lainnya yang membuat Terios konde diburu dan harga bekasnya stabilnya adalah spare part. Dimana untuk suku cadangnya sangat ramah di kantong. Sebagai contoh untuk kopling set-nya tidak lebih dari Rp1 juta. Selain spare part yang murah, untuk suku cadangnya mudah didapat bahkan di daerah terpencil kalian masih bisa menjumpainya dengan mudah.


LihatTutupKomentar