Harga Bekas Lebih Murah dari APV, Apa Sih Keunggulan Mitsubishi Maven?

Harga bekas Mitsubishi Maven

Kehadiran Mitsubishi Maven merupakan bentuk kerjasama antara PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dengan PT Suzuki Indomobil Motor (SIM). Sebagai rebadge Suzuki APV, Maven sekilas terlihat kembar identik. Namun jika dilihat lebih detail, dari bagian luar kedunya memiliki perbedaan pada grill serta emblem yang disematkan.

Jauh sebelum kemunculan Maven, sebenarnya kedua pabrikan tersebut juga pernah menjalin kerjasama dengan mengahdirkan Carry Futura dan T120SS. Melihat kesuksesan tersebut, memutuskan PT KTB untuk menghadirkan Mitsubishi Maven setahun setelah APV melakukan debut pertamanya di tahun 2004.

Perjalan Maven dalam mewarnai pasar otomotif Tanah Air bisa dibilang tak sesukses saudara kembarnya. Hal ini lah yang membuat pihaknya memutuskan untuk menyudahi produksi Maven pada tahun 2009. Untuk pasaran harga bekasnya, kini Mitsubishi Maven ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan dengan selisih harga lebih murah Rp5 juta dari Suzuki APV. Apabila kalian tertarik membelinya, simak beberapa keunggulannya melalui parameter berikut ini.

Fitur Cukup Lengkap, Mitsubishi Maven Bisa Memuat 8 Orang Sekaligus

Harga bekas Mitsubishi Maven

Bisa memuat 8 orang, interior Maven cukup luas digunakan

Di Indonesia, Mitsubishi Maven ditawarkan dalam dua varian, yakni; GLX dan GLS. Keduanya mendapatkan power window, power steering dan AC guna memberikan kenyamanan selama berkendara. Selain itu pada instrument cluster menggunakan tampilan digital untuk jarak tempuh kendaraan, sedangkan rpm, kecepatan dan beberapa informasi lainnya masih memakai tampilan analog. 

Khusus tipe GLS, mobil ini sudah dilengkapi electric mirror serta AC double blower. Dari segi daya tampungnya, mobil ini sanggup diisi hingga 8 orang sekaligus dengan menggunakan jok berkonfigurasi 2+3+3 yang dibuat menghadap ke depan. Tak hanya itu, baris keduanya pun memperoleh arm rest yang bisa dilipat ketika digunakan untuk duduk oleh penumpang di tengah.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Mitsubishi Maven, Spesifikasi Cakep Tapi Kurang Laku

Mitsubishi Maven Pakai Mesin T120SS

Harga bekas Mitsubishi Maven

Mesin 4G15 Mitsubishi Maven

Berbeda dengan Suzuki APV, dari segi performa Mitsubishi mempercayai mesin 4G15, Multi Point Injection, SOHC 12-valve untuk Maven. Jantung pacu berkapasitas 1.468 cc yang juga dipakai oleh T120SS tersebut mampu memeras tenaga sebesar 88 PS di 5.750 rpm serta torsi maksimal 114,7 Nm pada putaran 2.750 rpm.

Meski dari performa berada di bawah APV, mesinnya terasa lebih galak pada putaran bawah ke tengah dibandingkan saudara kembarnya tersebut dikarenakan karakter mesin overstroke yang digunakan. Mengenai sistem pengoperasiannya, mesin ini dipadukan transmisi manual 5-percepatan.

Sekedar informasi, Suzuki APV dibekali mesin G15A SOHC 4-silinder segaris 1.493 cc multi point injection yang juga dipakai Carry. Dari segi performa, tenaga yang diperolehnya sebesar 92,4 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak 126 Nm pada putaran 3.000 rpm. 

Guna membuatnya berjalan, mesinnya dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Spare Part Melimpah, Mitsubishi Maven Mudah dari Segi Perawatan

Harga bekas Mitsubishi Maven

Suku cadang Maven banyak di pasaran

Mengadopsi mesin T120SS, untuk spare part kalian tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya di pasaran untuk suku cadang mesinnya tersebut sangat melimpah di pasaran dan juga terjangkau.

Selain itu, di bagian kaki-kaki dan body kalian juga bisa menggunakan kepunyaan Suzuki APV yang ‘plug and play’. Dengan begitu jangan pernah merasa cemas kesulitan untuk mendapatkan suku cadang mobil ini.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Mitsubishi Maven dengan Suzuki APV

LihatTutupKomentar