Bukan Cuma Alas Roban, Ini 5 Jalur yang Cukup Ekstrim yang Bakal Ditemui Saat Mudik Lebaran

Bukan Cuma Alas Roban, Ini 5 Jalur yang Cukup Ekstrim yang Bakal Ditemui Saat Mudik Lebaran 01

Saat kalian melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, tak melulu bakal melewati jalan tol atau jalan arteri yang kondisinya mulus. Di beberapa kota, para pemudik bakal menghadapi jalur yang cukup ekstrim karena berkelok dan memiliki tanjakan panjang.

Kategori ekstrim atau berbahaya di sini artinya memerlukan kewaspadaan yang cukup tinggi. Agar pengendara wasapada maka jalan tersebut juga sudah dilengkapi dengan rambu lalu lintas peringatan dan peredam kejut. Sehingga ketika mendekati belokan tajam, kendaraan akan memperlambat laju kendaraannya.

Baca juga:

Berbagai Tanjakan Ekstrim yang Ada di Indonesia, Bikin Pengemudi Ngeri

Alasan Orang Asia Termasuk Indonesia Parkir Mobil Posisinya Mundur, Siapa yang Memulai?

Gunakan Rem Parkir Saat Macet Panjang di Jalan Menanjak, Hindari Kebiasaan Buruk Setengah Kopling!

Karena itu, skill pengendara dan ketaatan mematuhi rambu-rambu lalu lintas sangat penting, karena kelalaian manusia berakibat banyak kecelakaan di jalur ini. 

Di mana sajakah jalur ekstrim tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Jalur Kelok 44 di Sumatera Barat

Bukan Cuma Alas Roban, Ini 5 Jalur yang Cukup Ekstrim yang Bakal Ditemui Saat Mudik Lebaran 01

Kelok 44 di Sumatera Barat disebut menjadi salah satu jalan paling berbahaya di Indonesia dengan begitu banyak tikungan. Lokasinya berada di kawasan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, jalanan tersebut menghubungkan Bukittinggi dengan Maninjau.

Karena begitu banyaknya tikungan, oleh warga setempat kemudian diberikan nomor urut tikungan sebagai patokan bagi pengendara. Walaupun ekstrim, pemandangan di sekitar Kelok 44 Sumbar juga sangat memukau melihat panorama Danau Maninjau yang tampak jelas dari ketinggian. 

2. Sitinjau Lauik, Jalur Tanjakan Menantang yang Menghubungkan Kota Padang

Bukan Cuma Alas Roban, Ini 5 Jalur yang Cukup Ekstrim yang Bakal Ditemui Saat Mudik Lebaran 02

Masih di Sumatera Barat, kita tentu tidak asing dengan kelokan viral Sitinjau Lauik. Tanjakan Sitinjau paling populer saat ini karena sudut tikungan yang berbelok patah. Posisi tanjakan ini ada di jalur lintas Sumatera rute Kota Padang-Arosuka-Solok. 

Ruas jalan yang jadi momok di Sitinjau Lauik ini terdapat tikungan ekstrem yang sangat cekung dan kemudian memiliki sudut kemiringan 45 persen. Kondisi itu seringkali tidak memungkinkan 2 mobil besar berpapasan. 

Alhasil banyak yang harus bergantian untuk melewati tikungan itu. Sayangnya banyak pengendara yang belum hafal dengan tikungan itu dan mengambil sudut yang paling dalam. 

Tak cuma soal tanjakan, jalur yang menuju Sitinjau ini juga berkelok khas di lintas barat Sumatera. Kalian dituntut memiliki kewaspadaan tinggi dan keterampilan berkendara yang bagus agar bisa aman dan nyaman melintasi kawasan tersebut. 

3. Tanjakan Gombel (Semarang), Jalur yang Cukup Ekstrim Bagi Pemudik Awam

Bukan Cuma Alas Roban, Ini 5 Jalur yang Cukup Ekstrim yang Bakal Ditemui Saat Mudik Lebaran 03

Tanjakan Gombel yang berada di wilayah Semarang, merupakan salah satu jalan ekstrim di Indonesia. Jalur tersebut hingga kini masih banyak dilalui pengendara terlebih di musim mudik karena merupakan jalan arteri. Tanjakan Gombel disebut berbahaya, karena memiliki tanjakan yang curam dan sering terjadi longsor di tepinya.

Bahkan di Gombel ini muncul fenomena keangkeran karena sejumlah masyarakat sekitar percaya bahwa bencana kecelakaan di wilayah tersebut akibat ulah makhluk halus yang mendiami lokasi itu.

4. Jalur Senggigi di NTB, Tantangan Menuju Pantai Eksotis

Bukan Cuma Alas Roban, Ini 5 Jalur yang Cukup Ekstrim yang Bakal Ditemui Saat Mudik Lebaran 04

Pulau Lombok terkenal dengan wisata alam yang eksotis dengan pantai yang memukau. Salah satu lokasi menarik ialah daerah Senggigi dengan pemandangan pantainya. Hanya saja lokasi menuju pantai tersebut begitu berbahaya, hingga ada beberapa orang yang merasa nyawanya dipertaruhkan saat melewati jalan tersebut.

Panorama jalanan menuju pantai Senggigi memang begitu indah, namun jika kalian tengah mengemudi, sebaiknya terus fokus saja ke jalanan. Pasalnya kondisi jalan di sana kadang menurun kadang menanjak, dengan adanya jurang di tepi jalan.

5. Alas Roban, Terkenal Sebagai Jalur Ekstrim dan Angker

Bukan Cuma Alas Roban, Ini 5 Jalur yang Cukup Ekstrim yang Bakal Ditemui Saat Mudik Lebaran 05

Jalan yang satu ini sudah tidak asing bagi kalian yang sering bolak-balik ke Semarang lewat jalan nasional sepanjang Pantai Utara Jawa. Alas Roban ini dikenal ekstrim karena kondisi jalannya berliku dengan pohon-pohon besar di sekeliling jalan. Kurangnya penerangan di lokasi tersebut juga jadi salah satu yang membuat Alas Roban terkesan angker.

Oleh pemerintah setempat, Alas Roban kemudian dibagi jalannya menjadi tiga, yaitu Alas Roban jalur lama yang berkelok, Alas Roban via jalur lingkar yang baru, dan Alas Roban via Tanjakan Plelen. Nah untuk jalur Plelen ini merupakan tanjakan yang cukup panjang bila kita berkendara dari arah Kendal menuju Batang, sehingga butuh performa mesin yang prima agar tidak ngos-ngosan. 

LihatTutupKomentar