Bersiap Pulang, Cek 7 Bagian Mobil agar lancar dan aman

Siap-siap para pemudik, saatnya untuk pulang ke kota dan melanjutkan aktivitas sehari-hari. Namun sebelum memulai perjalanan balik mudik, pastikan mobil yang akan digunakan dalam kondisi prima. Terdapat beberapa bagian mobil yang wajib diperiksa agar perjalanan Anda lancar dan aman. Selain itu, dengan melakukan pemeriksaan sebelum berkendara, dapat meminimalisir risiko kerusakan pada mobil yang dapat menunda perjalanan. Jadi, jangan sampai kelewat ya, cek dulu 7 bagian mobil ini sebelum balik mudik!

Bagian ini kerap disepelekan oleh para pemilik mobil. Padahal punya peran cukup penting untuk menjaga kondisi mesin tetap pada suhu optimal agar tidak sampai over heat. 

Periksa kondisi air radiator apakah perlu ganti baru dengan cara dikuras atau cukup ditambahkan saja. Agar kinerjanya lebih optimal bisa ditambahkan cairan pendingin radiator.

Sebagai jantung dari sebuah mobil, kondisi mesin wajib prima. Bila kondisinya sudah cukup baik, bisa melakukan tune up mesin standar agar lebih siap menghadapi kondisi lalu lintas padat dalam perjalanan jauh saat pulang mudik.

Minta kepada mekanik bengkel untuk membersihkan karburator, penyetelan klep, busi dan tentunya mengganti oli baru. Jangan lupa periksa saluran bahan bakar ke ruang bakar, khususnya bila ring piston ada gejala aus. Jangan lupakan juga busi agar pengapian lebih sempurna.

Bagian lain yang juga kerap terlupakan adalah lampu-lampu. Baik lampu utama atau sein punya peran penting terlebih saat perjalanan balik mudik yang melewati jalan minim penerangan. Periksa sistem kelistrikan apakah semua lampu bekerja dengan normal atau perlu perbaikan. 

Ketika ada indikasi lampu sudah redup atau tidak terlalu terang, segera ke bengkel untuk dilakukan penggantian atau perbaikan. Bagian listrik lainnya yang juga wajib diperiksa adalah klakson, untuk memberi tanda saat berbelok atau ingin menyalip kendaraan di depan yang lebih lambat.

Ban kembangan sudah aus atau botak, sudah tidak layak pakai karena alami penurunan daya cengkram ke aspal dalam perjalanan. Kondisi ini bisa berbahaya terlebih saat berjalan di cuaca hujan.

Selain itu pastikan ban tidak ada retakan atau benjol. Kondisi ban seperti itu jika dipaksakan berpotensi alami pecah ban dalam perjalanan pulang mudik. Segera beli dan ganti dengan yang baru agar perjalanan balik mudik Anda tetap aman.

Masih seputar roda, rem dan kaki-kaki mobil juga wajib diperiksa. Saat perjalanan balik mudik terlebih kondisi stop and go, rem bekerja lebih keras. Akibatnya bila kampas rem sudah habis berpotensi rem blong yang mengancam keselamatan Anda sekeluarga.

Selain itu periksa juga komponen kaki-kaki apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti bunyi kasar atau seperti besi berbenturan. Velg juga wajib diperiksa seperti adanya peyang atau bengkok yang membuat ban tidak masuk dengan sempurna. 

Cuaca yang tidak menentu, kadang panas dan hujan datang tiba-tiba membuat peran wiper jadi sangat penting. Visibilitas yang baik membuat perjalanan pulang mudik lebih aman dan nyaman. Pastikan wiper bisa membersihkan air dengan sempurna dan membuat pandangan lebih baik saat mengemudi.

Tidak hanya wiper, tapi washer yang berfungsi membersihkan kaca depan juga pastikan berfungsi dengan baik. Ketika mobil kotor karena debu atau terkena kotoran burung, bisa mengganggu pandangan. Disinilah peran washer penting untuk membersihkan kaca beserta wiper.

Bila seluruh bagian di mobil sudah oke, maka terakhir periksa kelengkapannya sebelum Anda melakukan perjalanan balik mudik. Seperti ban cadangan, kunci-kunci untuk mengganti ban bila kempis di tengah jalan bahkan bila perlu membawa jumper. Jangan lupa juga peralatan P3K dan segitiga pengaman yang sebelumnya Anda bawa saat perjalanan mudik.

Jika semua sudah siap, maka persiapkan kondisi fisik untuk menempuh perjalanan jauh untuk balik mudik yang melelahkan.

Hadapi Kejadian tidak Terduga dengan lotteria Emergency Roadside Assistance

Dalam mengemudi, terkadang kita tidak bisa menghindari situasi yang tak terduga, seperti ban pecah, mesin mati, atau kehabisan bahan bakar di jalan. Namun dengan adanya layanan lotteria Emergency Roadside Assistance yang siap sedia membantu kita selama 24 jam non-stop, kita bisa memiliki rasa tenang dan nyaman saat berkendara. Jangan ragu untuk memanfaatkan layanan ini jika Anda mengalami masalah di jalan, karena tim ahli kami siap memberikan bantuan terbaik untuk memastikan perjalanan Anda tetap lancar dan aman.

LihatTutupKomentar