Berpotensi Masuk Indonesia, Intip Detail Varian Toyota Crown 2023

Berpotensi Masuk Indonesia, Intip Detail Varian Toyota Crown 2023 01

Toyota Crown 2023 generasi terbaru memang sudah diluncurkan di Jepang sejak Juli 2022 lalu. Namun Crown kini tak lagi berbentuk luxury saloon, dan wujudnya berubah total menjadi sebuah crossover.

Berselang waktu kemudian, rupanya Toyota juga menyiapkan tipe bodi lain dalam keluarga Crown terbaru. Varian-varian yang dimaksud adalah Crown Sedan, Crown Sport, dan Crown Estate. Ketiganya bakal melengkapi Crown versi crossover yang sudah dipasarkan juga di Amerika Serikat (AS) dan China.

Berpotensi Masuk Indonesia, Intip Detail Varian Toyota Crown 2023 02

Crown Sport

Toyota telah merilis beberapa info mengenai ketiga varian Crown terbarunya yang bakal dirilis. Baik Crown Sedan maupun Crown Sport rencananya mulai dipasarkan di Jepang pada tahun ini. Sementara Crown Estate baru dijual pada 2024.

Baca juga: Toyota Crown Sedan 2023 Muncul Perdana, Lebih Menarik daripada Versi Crossover

Semua Toyota Crown Pakai TNGA

Ketiga varian Toyota Crown 2023 sama-sama menggunakan platform terbaru TNGA. Namun khusus varian sedan masih mempertahankan konfigurasi mesin depan dan penggerak roda belakang. Selain itu, ketiganya juga hadir dalam mesin hybrid sebagai opsi standar.

Berpotensi Masuk Indonesia, Intip Detail Varian Toyota Crown 2023 01

Semuanya punya opsi mesin hybrid

Kemungkinan besar mesin bensin 2.400 cc turbo hybrid milik Crown crossover juga bakal hadir pada varian-varian lain. Menariknya, jika varian Sport dan Estate juga tersedia opsi plug-in hybrid, khusus varian Sedan justru lebih advance dengan kehadiran opsi hidrogen layaknya Toyota Mirai.

Varian sedan memiliki bodi sepanjang 5.030 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.470 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Lalu, dimensi varian sport adalah 4.710 mm x 1.880 mm x 1.560 mm, dan wheelbase 2.770 mm. Terakhir, varian estate panjangnya 4.930 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.620 mm, dan wheelbase 2.850 mm.

Baca juga: Toyota Crown 2023 Sudah Mendarat di Thailand, Harga Lebih Mahal dari bZ4X

Interiornya Tetap Mewah

Berpotensi Masuk Indonesia, Intip Detail Varian Toyota Crown 2023 02

Tampilan interiornya

Toyota juga menampilkan interior dari ketiga versi Crown terbaru yang segera meluncur di pasaran. Secara umum, ketiganya juga mengadopsi desain dasbor yang sama persis dengan versi crossover, termasuk di dalamnya panel instrumen digital dan head unit yang sama-sama berukuran 12,3 inci.

Hanya tampak beberapa perbedaan pada ornamen dan kombinasi warna pada interiornya, yang sebenarnya terdiri dari beberapa opsi warna sesuai selera konsumen. Varian Crown Sport juga menggunakan jok semi bucket yang tidak dimiliki pada varian Crown lainnya.

Baca juga: Bukan Untuk Pejabat, Toyota Camry Edisi Nightshade Terlihat Semakin Bengis!

Bakal Masuk Indonesia Juga?

Berpotensi Masuk Indonesia, Intip Detail Varian Toyota Crown 2023 03

Calon incaran kaum sultan jika masuk Indonesia

Kalau Toyota Crown 2023 akan rilis dengan banyak varian dan beberapa sudah dijual di luar Jepang, apakah nantinya mobil ini juga masuk Indonesia? Kemungkinan tersebut sangat besar, mengingat mobil elektrifikasi Toyota yang ada di Tanah Air masih sebagian besar berstatus impor.

Sebut saja Corolla Cross GR Sport Hybrid hingga bZ4X. Jadi bukan masalah bagi PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk memboyong Crown ke Indonesia. Tapi tentunya harga yang dibanderol bakal fantastis.

LihatTutupKomentar