9 Hal Jadi Biang Kerok Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Wajib Diwaspadai!

9 Hal Jadi Biang Kerok Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Wajib Diwaspadai! 01

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti Contra Flow hingga One Way agar perjalanan arus mudik Lebaran 2023 lebih aman dan nyaman, serta waktu tempuhnya semakin baik. 

Untuk Contra Flow akan dilakukan di ruas tol Jakarta-Cikampek dan One Way di tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Kedua sistem rekayasa lalu lintas ini akan dimulai 18 April pada pukul 14.00-24.00 WB.

Baca juga: Jangan Sampai Terjebak Macet, Catat Jadwal Contra Flow dan One Way Saat Mudik Lebaran 2023

One Way

Sistem One Way dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat mudik Lebaran

Menurut Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan, rekayasa lalu lintas Contra Flow hingga One Way dilakukan atas dasar hasil evaluasi pada gelaran Operasi Ketupat dari tahun-tahun sebelumnya. 

“Pemberlakuan One Way juga akan dimulai dari tol Cipali hingga KM 414 gerbang tol Kalikangkung. Untuk di tol Cikampek hanya akan diberlakukan Contra Flow, sebab sudah ada penambahan satu lajur, sehingga sesuai dengan perhitungan bisa dilakukan contraflow meski sampai 2 hingga 3 lajur,” ungkap Aan saat acara Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Komisi V DPR RI bersama stakeholder berkaitan di Gedung DPR Senayan, Selasa (4/3/2023).

Baca juga: Catat, Ini Tarif Tol Jakarta – Bandung Jika Ingin Mudik Lebaran 2023

9 Hal Jadi Biang Kerok Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Wajib Diwaspadai! 02

Adapun kata Aan, setiap musim mudik Lebaran ada beberapa hal jadi biang kerok jalanan menjadi terhambat, yaitu:

1. Adanya kendaraan yang tidak layak jalan (rusak) atau mogok di jalan raya.
2. Adanya kendaraan yang merusak/menerobos u-turn dan berpindah lajur/jalur saat pelaksanaan rekayasa lalin.
3. Masih adanya pengemudi yang berhenti di bahu jalan tol.
4. Adanya perlambatan arus lalu lintas menjelang lokasi rest area sehingga menimbulkan bottle neck.
5. Adanya Anomali keberangkatan pemudik.
6. Adanya gerbang tol yang masih belum diberdayakan secara maksimal.
7. Kapasitas rest area yang tidak bisa menampung pemudik.
8. Infrastruktur jalan arteri yang kurang memadai, dan
9. Jalur arteri dan wisata perlu adanya rekayasa lalu lintas.

Kondisi jalan tol macet saat malam hari

Kondisi jalan tol macet saat malam hari

Aan menyatakan, jika arus mudik Lebaran 2023 kembali terjadi hambatan, maka petugas di lapangan akan memberikan informasi secepatnya melalui  media elektronik maupun medsos. Serta akan menertibkan SKB (Surat Keputusan Bersama) dalam memutuskan penanganan gangguan kamseltibcar lantas pada saat arus mudik.

Adapun untuk membantu pengamanan arus mudik Lebaran 2023, sedikitnya 148.211 personel gabungan akan diterjunkan, serta disediakan 2.787 Pos Pelayanan, Pos Pengamanan dan Pos Terpadu untuk mengawasi 146.494 objek pengamanan seperti tempat ibadah, lokasi wisata, jalur mudik dan lokasi lainnya.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Semarang, Bisa Juga Mudik Lebaran 2023 Menuju Brebes, Batang Atau Pekalongan

Cuti Bersama Untuk Mengurai Kemacetan

Kondisi jalan tol macet saat malam hari

Kondisi jalan tol macet saat malam hari

Sebelumnya, pemerintah menegaskan agar hari cuti bersama dilakukan mulai 19-25 April 2023. Namun Menteri Perhubungan Budi Karya menyatakan, cuti bersama digelar lebih awal dengan harapan masyarakat melakukan perjalanan mudik lebih awal.

“Ada waktu yang lebih panjang (sebelum hari H Lebaran), sehingga kita harapkan ini akan mengurangi kepadatan kendaraan di satu hari tertentu,” ujar Budi. 

Jalan tol pada merayap

Jalan tol akan mengalami kepadatan ketika musik mudik Lebaran

Budi juga menyatakan, dari sejumlah ruas jalan yang akan dilalui pemudik, pemerintah telah memetakan titik krusial yang berpotensi terjadi masalah jika tidak ditangani dengan baik yaitu, Jalur Tol Jakarta, Cikampek, Cipali sampai ke Semarang, Penyeberangan Merak-Bakauheni, serta Kepadatan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

Tak lupa Budi juga menghimbau agar masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah swasta dan pihak lainnya.

“Dengan kerendahan hati, saya mohon agar masyarakat tidak melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor karena sangat berbahaya bagi keselamatan. Gunakan motor hanya untuk perjalanan jarak dekat,” tutup Budi. 

LihatTutupKomentar