8 Aplikasi Penting yang Wajib Dimiliki Saat Mudik Lebaran 2023

8 Aplikasi Penting yang Wajib Dimiliki Saat Mudik Lebaran 2023 01

Jika Anda berniat ingin mudik Lebaran 2023, maka tidak ada salahnya mempersiapkan berbagai hal, termasuk mendownload atau mengunduh aplikasi yang tepat di smartphone atau telepon genggam.

Ya, aplikasi yang dibutuhkan selama mudik Lebaran 2023 ini perlu disimpan karena akan sangat bermanfaat lantaran menghadirkan berbagai informasi dan juga hiburan. 

Baca juga: Awas Lengah, Kejahatan di Rest Area Tol Saat Mudik Makin Sering Terjadi!

Nah, mau tahu apa saja aplikasi yang tepat untuk mudik Lebaran 2023, berikut rangkumannya. 

1. Aplikasi Navigasi

8 Aplikasi Penting yang Wajib Dimiliki Saat Mudik Lebaran 2023 01

Beragam aplikasi navigasi online

Aplikasi yang wajib Anda punya jika ingin mudik Lebaran 2023 adalah navigasi atau penunjuk arah. Dewasa ini banyak jalan atau rute baru terlebih jalan tol. Belum lagi, masih banyak pemudik yang tak mengetahui jalur menuju kampung halaman. Alhasil, kerap terjadi pemudik tersesat karena salah jalur. 

Nah, aplikasi navigasi yang bisa Anda unggah di smartphone mulai dari Google Maps, Waze, LewatMana, Geo Tracker, Here WeGo, City Maps 2Go dan masih banyak lainnya. 

Baca juga: Mudik Lebaran Pakai Bus Sebaiknya Selektif Pilih Armada, Jangan Sungkan Juga Tegur Sopirnya

2. Aplikasi Travel

Aplikasi yang tak kalah penting Anda punya terlebih saat mudik Lebaran 2023 adalah aplikasi travel. Pasalya, aplikasi ini akan memudahkan Anda ketika harus membeli tiket transportasi, objek wisata, ataupun penginapan dan hotel.

Di aplikasi travel ini juga kerap memberikan informasi dan rekomendasi yang aman dan nyaman bagi mereka yang ingin melakukan liburan, baik di dalam maupun luar negeri. 

Untuk aplikasi travel yang bisa jadi referensi pemudik, diantaranya Tiket.com, Traveloka, Pegipegi, Agoda, Airbnb, Booking.com, dan masih banyak lainnya.   

3. Aplikasi Hiburan

Aplikasi di smartphone

Aplikasi di smartphone

Aplikasi hiburan juga penting ada di smartphone. Nah, aplikasi hiburan yang dimaksud bisa sebuah sebuah film, Radio, musik atau podcasts, dimana aplikasi ini bisa digunakan selama perjalanan baik pengemudi maupun penumpang agar tidak bosan. Khusus pengemudi, dilarang menonton ya. 

Adapun aplikasi film yang bisa jadi referensi mulai dari Youtube, Netflix, Viu, vidio, Disney+ Hotstar, iflix, HBO, dan lainnya. Sedangkan untuk aplikasi musik dan podcasts diantaranya, Spotify, Pandora, SoundCloud, Noice, iHeartRadio, Spinrilla, Tunein, Shazam, Google Play Music, dan lainnya.  

Baca juga: Mau Mudik Lebaran 2023? Catat Nomor-nomor Penting Jika Ada Kondisi Darurat

4. Aplikasi Game

Ketika melakukan mudik Lebaran 2023 apalagi perjalanan cukup jauh, maka biasanya akan terjadi kebosanan. Nah, salah satu obat untuk mengurangi rasa bosan yaitu dengan cara bermain game. Bicara soal game, saat ini banyak game online atau offline yang bisa Anda download di smartphone. 

Perlu dicatat, untuk bermain game ini lakukan ketika sedang di rest area atau tempat beristirahat. Sebab, jika dilakukan saat sedang berjalan, dikhawatirkan nantinya jadi pusing. 

5. Aplikasi Media Sosial

Beberapa aplikasi media sosial

Beberapa aplikasi media sosial

Anda yang mudik Lebaran 2023 juga perlu mendownload media sosial. Ya, mungkin saja Anda ingin berbagi kesenangan dan informasi selama perjalanan mudik baik berupa foto maupun video kepada rekan, teman atau sanak saudara melalui sosial media.

Beberapa media sosial yang populer di Indonesia diantaranya  Twitter, Youtube, Tiktok, Instagram, Facebook.

6. Aplikasi Kesehatan

Aplikasi kesehatan juga perlu Anda miliki. Sebab, jika Anda merasa kesehatan terganggu, kini Anda tak perlu lagi pergi ke rumah sakit atau klinik. Sebab, Anda perlu melakukan konsultasi dokter cukup dengan cara online dimanapun berada. Sedangkan untuk obatnya bisa Anda tebus saat bertemu apotek. 

Perlu dicatat, beberapa aplikasi telemedicine ini juga bisa tersambung dengan asuransi, sehingga Anda cukup mendownloadnya saja tanpa perlu mengeluarkan uang.

Beberapa aplikasi kesehatan yang bisa Anda miliki dan cukup populer di Indonesia yaitu Halodoc, Alodokter, Good Doctor, KlikDokter dan masih banyak lainnya. 

7. Aplikasi Kondisi Cuaca

Aplikasi info BMKG

Aplikasi info BMKG

Aplikasi kondisi cuaca juga perlu Anda ada di smartphone karena dapat memantau bagaimana prediksi cuaca hari dimana Anda akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023. 

Dengan memiliki aplikasi kondisi cuaca, Anda bisa melakukan antisipasi sedini mungkin seperti pepatah sedia payung sebelum hujan. 

Salah satu aplikasi kondisi cuaca yaitu dikembangkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yaitu Info BMKG. 

8. Aplikasi Media dan Informasi

Ketika hendak mudik, Anda juga perlu mengetahui beberapa berita terbaru untuk mendapatkan berbagai informasi penting. Tentu saja informasi yang bisa Anda dapatkan bisa seputar kondisi jalanan lalu lintas, atau lainnya. 

Beberapa media dan informasi juga tidak hanya lewat televisi, tapi juga bisa media online yang selalu update, termasuk AutoFun yang setiap hari menyajikan berita otomotif, termasuk tips.

LihatTutupKomentar