Harga Mobil Baru Makin Mahal, Ini 5 Alasan Kenapa Perlu Beli Mobkas Buat Lebaran

Harga Mobil Baru Makin Mahal, Ini 5 Alasan Kenapa Perlu Beli Mobkas Buat Lebaran 01

Dalam situasi jelang hari raya Idul Fitri yang tinggal hitungan minggu, tentu mendorong orang segera mendapat mobil untuk mudik ke kampung halaman.Permasalahan di sini, beli mobil baru harganya makin mahal dan apakah beli mobkas untuk Lebaran bisa cukup ideal? 

Bicara soal keadaan sistem transportasi umum di Indonesia yang belum sepenuhnya komprehensif. Hal ini lantas mendorong sebagian orang yang butuh akses transportasi kemudian membeli sebuah mobil.  

Ini adalah kesimpulan logis karena sebagian besar pembeli juga mempertimbangkan kebutuhan transportasi anggota keluarga mereka. Nantinya mobil bakal digunakan pula untuk pasangan dan anak, atau orang tua mereka. 

Baca juga : 

Siap Diajak Berpetualang, Inilah 5 Pilihan SUV Bekas Termurah

Siap Diajak Berpetualang, Inilah Pilihan Mobil SUV Bekas Seharga Wuling Alvez

Udah Gak Mahal Lagi, 5 SUV Mewah Bekas Ini Harganya Bikin Orang Melirik

Keputusan yang cukup dilematis bagi sebagian orang adalah apakah akan membeli bekas atau baru. Masing-masing punya kelebihan tersendiri, semisal membeli yang baru yang tidak perlu berurusan dengan potensi masalah teknis sebagaimana membeli mobil bekas. 

Permasalahannya belakangan ini, harga mobil naik puluhan juta sejak lima tahun lalu atau tepatnya 2018. Sebagai contoh, harga Toyota Avanza 1.3 G M/T baru saat itu Rp208,9 juta, dan Toyota Avanza 1.3 G A/T Rp219,6 juta. Kini Avanza naik level dengan mesin 1.500 cc, dengan harga untuk Avanza 1.5 G M/T Rp255,1 juta dan Avanza 1.5 G CVT Rp269,8 juta. 

Harga Mobil Baru Makin Mahal, Ini 5 Alasan Kenapa Perlu Beli Mobkas Buat Lebaran 01

Dengan kenaikan mencapai Rp50 juta, sebagian besar keluarga  tidak siap menghabiskan uang sebanyak itu hanya untuk beli mobil baru. Solusi terbaik, tentu mencari mobil bekas tahun muda yang mendapat garansi layaknya mobil baru, sebagaimana yang terdapat di CARSOME. 

Lantas, apa pertimbangan penting yang perlu kalian ketahui sebelum memutuskan beli mobkas untuk Lebaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Beli Mobkas Mengalami Depresiasi yang Minim

Harga Mobil Baru Makin Mahal, Ini 5 Alasan Kenapa Perlu Beli Mobkas Buat Lebaran 02

Saat kita beli mobil baru, maka akan mengalami depresiasi atau penyusutan nilai harga saat akan dijual kembali dalam kondisi bekas. Untuk setahun pemakaian, depresiasinya bisa sekitar 10 persen dari harga baru.

Bagaimana kalau kita beli bekas? Nah kalau kita beli bekas kemudian dijual kembali, maka nilai penyusutan harga tak separah mobil baru. Bisa kita bandingkan untuk Toyota Avanza G bekas 2018 kini harganya mulai dari Rp155 juta untuk transmisi manual. Harga segitu bila dibelikan mobil baru hanya dapat Daihatsu Sigra tipe bawah. 

Saat kamu membeli mobil bekas, semua penyusutan itu sudah terjadi.  Nilai mobil telah turun ke titik di mana sulit turun signifikan lagi, menjadikannya pilihan yang layak untuk dibeli atau dijual kembali bila butuh uang mendesak. 

Dengan perawatan yang rutin, kemungkinan besar Anda bisa menjaga kondisinya cukup baik. Bila dijual kembali maka harganya bisa membuat kalian hampir balik modal seperti ketika dulu membelinya.

2. Beli Mobkas Buat Lebaran, Harga Terjangkau Bisa Dapat Unit Istimewa

Harga Mobil Baru Makin Mahal, Ini 5 Alasan Kenapa Perlu Beli Mobkas Buat Lebaran 03

Hal menarik berikutnya bila kalian tekun berburu mobkas impian jauh hari sebelum Lebaran, ialah bisa aja mendalam unit istimewa. Biasanya unit ini ditawarkan dalam kilometer rendah dan kondisi fisik masih begitu mulus dengan harga standar. 

Keuntungan beli bekas jelas dari harganya yang sudah terjangkau ketimbang saat barunya dulu. Bahkan bila membandingkan antara mobil bekas dan baru di rentang harga yang sama, kalian masih lebih untung beli mobil bekas karena fiturnya yang lebih baik. 

3. Belum Tentu Banyak Pilihan Menarik

Harga Mobil Baru Makin Mahal, Ini 5 Alasan Kenapa Perlu Beli Mobkas Buat Lebaran 04

Namanya mobil bekas, belum tentu model yang kalian inginkan merupakan model terlaris saat mobil tersebut hadir. Artinya, bila mobil yang akan kalian beli ini bukan model populer maka konsekuensinya yaitu ketersediaan unit yang sedikit.

Beda cerita kalau kalian memiliki range anggaran yang cukup serta model yang dipilih merupakan model populer. Kalau begini, kalian hanya fokus mencari unit dengan kondisi terbaik yang harganya pas di kantong.

4. Perhatikan Biaya Perawatan Kendaraan

Harga Mobil Baru Makin Mahal, Ini 5 Alasan Kenapa Perlu Beli Mobkas Buat Lebaran 05

Namanya beli mobil bekas, tentu tidak tercover layanan aftersales seperti mobil baru walaupun ada jaminan garansi. Para pembeli harus mempersiapkan anggaran lebih untuk perawatan maupun perbaikan kendaraan di kemudian hari.

Inspeksi kendaraan secara mendetil pun jadi hal krusial agar biaya perawatan tidak membengkak karena beberapa kerusakan yang tidak lazim akibat pemakaian. Bila inspeksi telah dilakukan secara cermat, maka kita nantinya bisa lebih tenang dalam perawatan. Ini karena kondisi mobil telah dipastikan layak dan untuk biaya perawatan biasanya sebatas perawatan rutin. 

5. Usahakan Pilih Mobil Bekas yang Usianya di Bawah Lima Tahun

Harga Mobil Baru Makin Mahal, Ini 5 Alasan Kenapa Perlu Beli Mobkas Buat Lebaran 06

Masih berkaitan dengan beberapa poin sebelumnya, saran kami yaitu usahakan pilih unit yang masih muda. Setidaknya usia kendaraan masih di bawah lima tahun.

Tujuannya jelas, karena mobil yang usia pakainya masih muda ini pada beberapa komponen seperti mesin belum banyak terjadi keausan. Ketersediaan sparepart pun masih mudah ditemukan. Ini karena mungkin mobil tersebut masih diproduksi pada versi faceliftnya dengan banyak kesamaan komponen dari mobil yang akan kita incar. 

LihatTutupKomentar