Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 01

Legenda balap sirkuit dan jalan raya, Honda Civic Type R 2023 akhirnya resmi masuk Indonesia. Diimpor langsung dari Jepang, debut Civic Type R generasi terbaru ini bertepatan dengan peringatan 25 tahun Honda Civic Type R pada Juli 2022 silam.

Berkode FL5, ini adalah generasi keenam dari Civic Type R. Basisnya Honda Civic hatchback generasi baru yang ditambahkan sederet perangkat high performace. Sama seperti model sebelumnya, Civic Type R 2023 juga telah mencatatkan prestasi. Antara lain jadi hatchback FWD tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang.

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 02

Peluncuran di Jakarta, Kamis (30/03/2023)

“Honda Civic Type R sudah menjadi legenda balap dunia. Beberapa kali terbukti mobil ini menjadi yang tercepat baik di Sirkuit Nurburgring dan Sirkuit Suzuka,” kata Kotaro Shimizu, President Director PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam sambutannya di Jakarta, Kamis (30/03/2023).

Baca juga: Honda Civic Type R 2023 Rilis di Vietnam, Harganya Bikin Merinding!

Desain Honda Civic Type R Sporty dan Fungsional

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 01

Bodinya dibuat lebih lebar dan lebih rendah

Mengusung konsep “Ultimate Sports Design” siluet tubuh Civic Type R baru ini memang masih bercitarasa Civic Hatchback. Tapi tentunya para teknisi Honda meracih banyak yang berbeda. Antara lain bodinya dibuat lebih rendah dan lebih lebar, ini guna mengejar center of gravity yang lebih baik.

Bagian bemper depan juga terlihat sedikit ada perbedaan dengan kisi-kisi udara yang lebih besar untuk asupan angin keruang bakar. Bari balik fender roda depan dan belakang juga terlihat ada lubang untuk aliran udara. Termasuk desain sideskirt yang diberi sayap pada ujung belakangnya.

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 02

Pakai wing besar di belakang

Di belakang Honda membubuhkan satu wing besar, juga demi mendukung aerodinamika mobil ketika melesat di atas aspal. Ada pula rear diffuser dengan bentuk yang lebih agresif, serta tiga corong knalpot sebagai ciri khas Civic Type R sejak beberapa generasi sebelumnya.

Baca juga: Honda Civic Raih Penghargaan Japan Car of the Year 2022-2023, Apa Istimewanya?

Interior Tawarkan Kepraktisan

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 03

Jok dan karpet lantai merah

Masuk ke ruang kaibn, tema merah dihadirkan oleh Honda. Bahan yang dipilih kombinasi kulit dengan suede yang lembut, termasuk hingga ke area karpet lantai. Sementara area dasbor dan trim pintu pakai warna hitam.

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 04

Area kokpitnya

Untuk layout kokpit sebenarnya juga masih setara Honda Civic Turbo RS. Hanya saja desain jok dibuat posisinya lebih rendah dengan model full bucked seat. Lantas visibilitas juga sedikit lebih baik lantaran desian kap mesin dibuat lebih rendah dari Civic reguler.

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 05

Berbagai informasi tertampil di headunit monitor

Yang serunya, headunit model floating pada dasbor bisa memberikan informasi lengkap tentang kondisi mobil. Seperti oil temperature, oil pressure, steering angle, sampai data log hasil pengemudian yang baru saja Anda lakukan. Perbedaan lain adalah Civic Type 2023 cuma hadir dengan varian transmisi manual.

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 06

Area penumpang belakang

Walau kesan race car sangat tinggi, tetapi mobil ini tetap punya bagasi belakang yang lapang. Cocok kalau Anda mau pelesiran singkat ke kota-kota sekitar dengan mambawa 1-2 koper besar. Selain itu mobil ini juga masih sanggup membawa 4 penumpang.

Baca juga: Spesifikasi Honda Civic 2023, Sedan Mewah dan Kencang Buat Bapak-bapak Berjiwa Muda

Mesin Buas Jawara Sirkuit

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 07

Mesin 2.0L VTEC Turbo

Civic Type R terkenal dengan mesinnya yang bertenaga, responsif, dan memiliki putaran tinggi. Model baru ini dibangun di atas basis yang sama dari generasi sebelumnya dengan mengembangkan mesin 17YM Type-R. Hasilnya mesin jadi lebih bengis tapi masih bisa diajak kalem ketika mau santai di perkotaan.

Mesinnya 2.0-liter VTEC 4 silinder Turbocharger Intercooler dengan boost pressure 23,3 psi. Tenaganya diklaim mendekati 320 PS pada 6.500 rpm dengan torsi 420 Nm pada 2.600-4.000 rpm. Honda juga memberikan empat opsi Drive Mode, yakni Comfort, Sport, Individual, dan +R.

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 08

Ditunjang rem Brembo

Menggunakan gearbox manual 6 percepatan, Honda melakukan beberapa pembenahan. Antara lain dari penambahan jumlah bilah turbin pada turbo untuk lebih memadatkan alira udara yang dihasilkan. Selain itu sistem gas buang juga lebih diptimalkan dibanding model sebelumnya.

Peningkatan power-to-weight ratio turut membantu pengendalian mobil ini semakin baik. Sementara di bagian gearbox, ada revisi pada sistem rev-match, sehingga menjanjikan tenaga mesin tetap stabil meski posisi gigi dipindah jadi lebih rendah pada saat pengemudi memasuki tikungan.

Harganya Rp  Miliar

Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia 09

Calon incaran kolektor

Harga Honda Civic Type R 2023 untuk Indonesia RP1.399.000.000 on the road Jakarta. Meski transmisi manual, mobil ini juga sudah dilengkapi Honda Sensing.

LihatTutupKomentar