Ban Goodyear Kini Pakai Sensor Pintar, Bisa Pantau Perilaku Berkendara Pengemudinya

Ban Goodyear Kini Pakai Sensor Pintar, Bisa Pantau Perilaku Berkendara Pengemudinya 01

Penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) kini sudah merambah ke segala lini kehidupan, termasuk bidang otomotif. Bukan cuma mobilnya secara keseluruhan, ban mobil pun mulai banyak yang dipersenjatai IoT tersebut. 

Satu hal yang mulai marak diterapkan adalah penggunaan sensor pintar pada ban untuk bisa terkoneksi dengan internet. Alhasil, segala kondisi tentang ban tersebut bisa dipantau secara real time. Hal ini pula yang sedang dilakukan produsen ban Goodyear.

Ban Goodyear Kini Pakai Sensor Pintar, Bisa Pantau Perilaku Berkendara Pengemudinya 02

Ditanam teknologi IoT

Wicaksono, Head of Communication PT Goodyear Indonesia Tbk. menyebutkan, dengan teknologi sensor memperluas fungsi ban dari fungsi tradisionalnya dan membuka banyak asupan informasi yang bermanfaat bagi penguasaan kemudi, keselamatan, kenyamanan berkendara dan terutama perkembangan mobilitas masa depan.

Baca juga: Lebih Senyap dan Empuk, Harga Ban Goodyear Assurance Terbaru Khusus SUV Mulai Rp1 Jutaan

Sensor Pada Ban Berguna untuk Data Perusahaan

Ban Goodyear Kini Pakai Sensor Pintar, Bisa Pantau Perilaku Berkendara Pengemudinya 01

Sensor di bagian dalam ban

Masih menurut Wicaksono, penerapan sensor ini terus dilakukan penelitian dan pengembangan oleh Goodyear. Terutama untuk penerapan pada kendaraan fleet management alias kendaraan armada bisnis sebuah perusahaan.

“Data-data yang dikumpulkan dari sensor ban menjadi penting agar ban bisa bicara. Termasuk memperingatkan pengemudi tentang masalah ban yang muncul, sehingga pengemudi dapat melakukan antisipasi,” kata dia melalui keterangan tertulisnya, Jumat (31/03/2023).

Ban Goodyear Kini Pakai Sensor Pintar, Bisa Pantau Perilaku Berkendara Pengemudinya 02

Banyak informasi bisa didapat

Sensor pintar ini, kata dia, akan mengirimkan peringatan melalui indikator tertentu berupa kedipan lampu di panel dashboard dan mengirimkan umpan balik kepada sistem pemeliharaan armada melalui telematika. Selain itu Goodyear juga akan menjadikan setiap GYBO (Goodyear Branded Outlet) yang tersebar di 55 titik di Indonesia untuk mengedukasi segala informasi terkait sensor ban ini.

Baca juga : Sering Disepelekan, Ternyata Begini Perlakuan yang Benar Terhadap Ban Serep Mobil

Sensor Ban Goodyear Bisa Ukur Kecepatan Kendaraan

Ban Goodyear Kini Pakai Sensor Pintar, Bisa Pantau Perilaku Berkendara Pengemudinya 03

Kerjasama dengan Gatik

Di Kanada, Amerika Serikat (AS), Goodyear bekerja sama dengan perusahaan truk otonom, Gatik. Keduanya mulai menerapkan teknologi yang mereka namakan Goodyear SightLine. Teknologi ini membaca prilaku gesekan ban dengan jalan dan memberikan informasi real-time kepada sistem penggerak otomatis (ADS) dari Gatik.

Dengan teknologi estimasi friksi SightLine, sensor berhasil mendeteksi kondisi cengkeraman rendah, seperti kondisi bersalju atau dingin, dan membuat informasi ini tersedia untuk armada otonom Gatik. Selain itu data tersebut juga diperlukan untuk pemilihan jalur berkendara, kecepatan, dan akselerasi kendaraan dengan mempertimbangkan jarak antara kendaraan lainnya.

Ban Goodyear Kini Pakai Sensor Pintar, Bisa Pantau Perilaku Berkendara Pengemudinya 04

Siap dipakai pada kendaraan penumpang

Teknologi Goodyear SightLine juga dirancang untuk mengukur kondisi keausan ban, beban, tekanan angin, dan suhu, yang kemudian dikombinasikan dengan data cuaca jalan yang semua tersaji secara real time. Rencananya, ban Goodyear dengan sensor pintar ini akan diterapkan juga pada produk-produk OEM.

LihatTutupKomentar