3 Hal Menarik Daihatsu Sirion X 2023, Opsi Hatchback Murah Meriah Dari Brio RS Hingga Agya GR Sport

3 Hal Menarik Daihatsu Sirion X 2023, Opsi Hatchback Murah Meriah Dari Brio RS Hingga Agya GR Sport 01

Daihatsu beberapa waktu lalu telah meluncurkan generasi kedua Ayla ke Indonesia. Berbekal platform DNGA, Daihatsu Ayla mengalami banyak improvement dari sisi desain maupun fitur. Bila dirasa kurang kece, kalian bisa memilih Daihatsu Sirion tipe X 2023 yang secara value for money tak kalah oke.

Sebagai perbandingan, Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS dijual Rp 189.900.000, dan untuk Sirion tipe X CVT dijual Rp 228.850.000. Selisihnya memang lumayan besar, mencapai nyaris Rp40 juta.

Namun bila dibandingkan Honda Brio RS Urbanite dan Toyota Agya GR Sport jelas lebih ekonomis. Dengan harga segitu, tentunya Sirion punya banyak hal menarik selain transmisi matic baru D-CVT untuk memikat konsumen.

3 Hal Menarik Daihatsu Sirion X 2023, Opsi Hatchback Murah Meriah Dari Brio RS Hingga Agya GR Sport 01

Untuk tipe X ini, Sirion 2023 bisa kita kenali dari fisiknya yang tampil kalem tanpa aksen body kit, minus side skirt dan spoiler belakang. Karena jadi tipe bawah, Sirion varian X tak memiliki air purifier, tombol retractable untuk pengaturan kaca spionnya, dan belum ada saklar sensor dan kamera parkir yang bisa dinonaktifkan dengan hanya sekali menekan tombol.

Lantas apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Daihatsu Sirion X sebagai sebuah hatchback paket ekonomis? Berikut ini uraian lengkapnya.

1. Daihatsu Sirion X Pakai Mesin Serupa Xenia, dengan Transmisi Baru

3 Hal Menarik Daihatsu Sirion X 2023, Opsi Hatchback Murah Meriah Dari Brio RS Hingga Agya GR Sport 02

Daihatsu Sirion X mengusung mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4-silinder segaris berkapasitas 1.329 cc yang mirip dengan milik Xenia. Tenaga maksimumnya diklaim mampu mencapai 93 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 121 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Soal performa jelas lebih oke ketimbang city car LCGC, dan bisa lebih responsif daripada Xenia. Bila dibandingkan dengan saudaranya yang MPV, Sirion juga unggul dari power to weight ratio.

3 Hal Menarik Daihatsu Sirion X 2023, Opsi Hatchback Murah Meriah Dari Brio RS Hingga Agya GR Sport 03

Sirion X telah didukung sistem transmisi yang lebih modern, yaitu D-CVT. Sebagai informasi, transmisi D-CVT ini diklaim memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi dengan menyesuaikan putaran mesin serta perpindahan gigi terasa lebih halus.

Rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada rasio putaran rendah dan tinggi. Ini memungkinkan mobil berakselerasi lebih bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi.

2. Fitur Multimedia Modern di Sirion X

3 Hal Menarik Daihatsu Sirion X 2023, Opsi Hatchback Murah Meriah Dari Brio RS Hingga Agya GR Sport 04

Sebagai fitur hiburan dan multimedia, Daihatsu membekali Sirion X dengan head unit baru yang mendukung konektifitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI yang telah dilengkapi switch control steering.

3. Fitur Keselamatan Cukup Oke

3 Hal Menarik Daihatsu Sirion X 2023, Opsi Hatchback Murah Meriah Dari Brio RS Hingga Agya GR Sport 05

Walau bukan tipe tertinggi, Sirion X 2023 telah ditambahkan fitur berupa HSA (Hill Start Assist). Hadir pula 4 airbags di depan, VSC (Vehicle Stability Control), traction control, ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, ISOFIX, dan seatbelt 3 titik.

Fitur keamanan di mobil ini memiliki speed sensing door lock yang akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis ketika melewati kecepatan tertentu. Kemudian terdapat fitur idle stop dapat mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti dalam hitungan waktu tertentu.

Fitur pelengkap lain berupa headlamp leveling, key free, engine start-stop button serta alarm untuk menghindari dari aksi pencurian.
 

LihatTutupKomentar